Ikhtiar, Fauzi (2021) MPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTS AL-MUJAHIDIN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (801kB) | Preview |
Abstract
Fauzi Ikhtiar. NIM: F.1710677. Implementasi Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru MTs Al-MUJAHIDIN Bogor. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2021. Fenomena profesionalitas guru merupakan tantangan terkait dengan rendahnya mutu saat ini yang diidentifikasi menjadi penghalang upaya peningkatan mutu sekolah. Salah satu hambatan itu adalah peningkatan profesionalitas guru terutama dalam jabatan yang berjalan selama ini dirasa kurang berjalan efektif, kualifikasi akademis dan kelayakan guru masih dibawah standar untuk melakukan tugas pembelajaran sehingga dirasakan belum cukup memadai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi manajemen mutu dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-MUJAHIDIN Bogor, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen mutu dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-MUJAHIDIN Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-MUJAHIDIN Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu dalam meningkatkan profesionalisme guru meliputi 1) Perencanaan; a) melaksanakan rapat dengan melibatkan komponen madrasah, b) menyusun program kerja bersama. 2) Pengorganisasian; dilakukan berdasarkan kualifikasi akademik dan kompetensi yang dimiliki serta lamanya pengabdian di Mts al-Mujahidin. 3) Pelaksanaan program peningkatan mutu profesionalitas guru sudah berjalan diantaranya: a). Pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 di tiap semesternya, b) MGMP yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran di setiap awal tahun ajaran baru, c). Workshop bagi perwakilan guru, d). Diskusi dengan kepala sekolah dan saling bertukar pandangan dengan guru-guru dalam penggunaan IT, dan e). Mendorong para guru untuk dapat melanjutkan jenjang studi. 4) Pengawasan terhadap peningkatan mutu profesionalitas guru dilakukan dengan cara: a) meninjau langsung pelaksanaan pelatihan, b) melihat proses pembelajaran yang dilakukan guru-guru, c) Memantau langsung ke dalam kelas, d) Kepala sekolah melihat daftar hadir guru. Adapun faktor penghambat dan pendukung manajemen mutu dalam meningkatkan profesionalisme guru MTs al-MUJAHIDIN Bogor diantaranya: 1) Faktor penghambat meliputi a) keterbatasan waktu b) Keragaman visi SDM. Sedangkan faktor pendukungnya meliputi a) Peran dari pihak yayasan dan kepala bidang penjamin mutu terhadap kepaa sekolah b) Peningkatan kompetensi guru yang bekerja sama dengan kelompok kerja kepala sekolah (KKKS). KKKS mendukung penuh kepala sekolah Mts Al-Mujahidin Bogor dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidiknya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Mutu dan Profesionalisme Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 03:00 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 03:00 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2617 |
Actions (login required)
View Item |