Yustika Sari, Melinda (2021) ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM DALAM PENCAPAIAN VISI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK PLUS PELITA NUSANTARA). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Analisis Kebijakan Kurikulum adalah suatu aktivitas intelektual dan praktis yang ditunjukan untuk menciptakan, secara kritis menilai, dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang dan di dalam proses kebijakan kurikulum. Tujuan pendidikan yang mengacu pada visi lembaga pendidikan dapat diwujudkan dengan sentuhan kebijakan kurikulum sekolah. Sistem inilah yang menyangga beragam macam program dan kebijakan hingga penyelenggaran kegitan sekolah memiliki arah yang lurus terhadap pencapaian visi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Kebijakan Kurikulum dalam Pencapaian Visi di SMK Plus Pelita Nusantara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Latar belakang terbuatnya kurikulum di SMK Plus Pelita Nusantara didasari oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, keadaan geografis sekolah, kebutuhan masyarakat, dan cita-cita Pembina Yayasan Pelita Nusantara, 2) Prediksi kebijakan kurikulum yaitu SMK Plus Pelita Nusantara menghasilkan lulusan yang terampil, berjiwa entrepreneur, dan memiliki karakter religius, 3) SMK Plus Pelita Nusantara merekomendasikan program kurikulum 2013 dan kurikulum khas (pesantren spirit, talent days, workshop, english day, dan business center), 4) Lulusan peserta didik memiliki keterampilan, berjiwa entrepreneur, dan memiliki karakter religius, 5) Kebijakan kurikulum di SMK Plus Pelita Nusantara sudah tepat sejalan dengan visi sekolah.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kebijakan, Kurikulum, Visi Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 03:08 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 03:08 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2619 |
Actions (login required)
View Item |