ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM DALAM PENCAPAIAN VISI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK PLUS PELITA NUSANTARA)

Yustika Sari, Melinda (2021) ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM DALAM PENCAPAIAN VISI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK PLUS PELITA NUSANTARA). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analisis Kebijakan Kurikulum adalah suatu aktivitas intelektual dan praktis yang ditunjukan untuk menciptakan, secara kritis menilai, dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang dan di dalam proses kebijakan kurikulum. Tujuan pendidikan yang mengacu pada visi lembaga pendidikan dapat diwujudkan dengan sentuhan kebijakan kurikulum sekolah. Sistem inilah yang menyangga beragam macam program dan kebijakan hingga penyelenggaran kegitan sekolah memiliki arah yang lurus terhadap pencapaian visi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Kebijakan Kurikulum dalam Pencapaian Visi di SMK Plus Pelita Nusantara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Latar belakang terbuatnya kurikulum di SMK Plus Pelita Nusantara didasari oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, keadaan geografis sekolah, kebutuhan masyarakat, dan cita-cita Pembina Yayasan Pelita Nusantara, 2) Prediksi kebijakan kurikulum yaitu SMK Plus Pelita Nusantara menghasilkan lulusan yang terampil, berjiwa entrepreneur, dan memiliki karakter religius, 3) SMK Plus Pelita Nusantara merekomendasikan program kurikulum 2013 dan kurikulum khas (pesantren spirit, talent days, workshop, english day, dan business center), 4) Lulusan peserta didik memiliki keterampilan, berjiwa entrepreneur, dan memiliki karakter religius, 5) Kebijakan kurikulum di SMK Plus Pelita Nusantara sudah tepat sejalan dengan visi sekolah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebijakan, Kurikulum, Visi Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:08
Last Modified: 09 Jan 2023 03:08
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item