PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA

Wulandari, Anita (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anita Wulandari. NIM: H.1510458 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2019. Berpikir kritis merupakan satu dari empat kemampuan berpikir abad 21 yang harus dimiliki setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran matematika materi statistika di SD Negeri Cikuda 01, Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan kuasi eksperimen (quasi experiment) sebagai jenis penelitiannya. Desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design dengan sampel penelitian yang berjumlah 55 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa tes tertulis dalam bentuk essay, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baik pretest dan posttestnya. Untuk pretest kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 60,97 sedangkan kelas kontrol yakni 63,38. Untuk posttest kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 73,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 59,65. Setelah dilakukan uji hipotesis statistik dengan menggunakan independent sample t-test diketahui hasil nilai signifikansi (sig 2-tailed) 0,001 < 0,05 maka keputusan H0 ditolak. Hasil uji t tersebut menunjukkan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran matematika materi statistika di SDN Cikuda 01, Kabupaten Bogor

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:21
Last Modified: 11 Jan 2023 01:21
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item