Yuningsih. H, R. Yuyun (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN KAUMPANDAK 04 KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL_1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
R. Yuyun Yuningsih. H. 1511232. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN Kaumpandak 04 Cibinong-Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda. Bogor. 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa yang belum mencapai indikator penelitian minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 70. Dan Keaktifan belajar siswa yang belum mencapai presentase 80% berdasarkan target peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V di SDN Kaumpandak 04 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kaumpandak 04 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar dengan memperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus pertama yaitu 56,66%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,33%. Begitu pula dengan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 69,76 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 63,33%, sedangkan hasil belajar siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 80,16 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 80%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuri dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SDN Kaumpandak 04 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 01:33 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 01:33 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2632 |
Actions (login required)
View Item |