PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LECTORA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN HARJASARI 01

Sarah Kurniawati,, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LECTORA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN HARJASARI 01. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
DAFTAR JUDUL.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Siti Sarah Kurniawati, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lectora Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Harjasari 01. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan lectora terhadap kemandirian belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN Harjasari 01, Bogor. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen (quasi eksperiment). Desain yang digunakan adalah posttest- Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa. Teknik yang digunakan adalah non tes berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen memiliki nilai rata�rata sebesar 70,03 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 55,38. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji t (One Sample Test), pada kelas eksperimen diketahui nilai Sign. diperoleh sig 0,026, sehingga 0,026 < 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan lectora terhadap kemandirian belajar matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok. Berdasarkan perhitungan data tes akhir maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemandirian belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan lectora pada kelas V SDN Harjasari 01, Bogor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Lectora, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:40
Last Modified: 11 Jan 2023 01:40
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item View Item