IMPLEMENTASI GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Kasus Gaya Komunikasi Kepala Sekolah di SMP PGRI 1 Cigombong)

Nurrachmah, raisya (2021) IMPLEMENTASI GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Kasus Gaya Komunikasi Kepala Sekolah di SMP PGRI 1 Cigombong). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

RAISYA NURRACHMAH, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2021, Implementasi Gaya Komunikasi Pemimpin dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran: Studi Kasus Gaya Komunikasi Kepala Sekolah di SMP PGRI 1 Cigombong, Pembimbing I: Dr. Agustina Multi Purnomo, SP., M.Si., Pembimbing II: Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, SP., M.Si. SMP PGRI 1 Cigombong merupakan salah satu sekolah swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1977. Sekolah ini sedang mengalami penurunan jumlah siswa yang mendaftar disetiap tahun ajaran baru. Untuk meningkatkan kembali minat masyarakat sekitar, SMP PGRI 1 Cigombong berupaya meningkatkan mutu pembelajarannya. Peningkatan mutu pembelajaran di SMP PGRI 1 Cigombong tidak lepas dari peran seorang kepala sekolah. Kepala sekolah akan secara efektif mengarahkan bawahannya dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu pembelajaran, ketika dapat memilih gaya komunikasi yang tepat. Jika kepala sekolah memakai gaya komunikasi yang tepat, maka ia akan menyampaikan gagasan, menerima masukan dan pendapat dari jajarannya, mengambil keputusan, membagi tugas dan menyampaikan kebijakan dengan baik mengenai mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana gaya komunikasi pemimpin yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP PGRI 1 Cigombong dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang mempengaruhinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan gaya komunikasi pemimpin dari Tubbs dan Moss. Enam gaya komunikasi pemimpin yang akan dijadikan acuan adalah The equalitarian style merupakan gaya komunikasi yang ideal bagi seorang pemimpin dalam organisasi. Tiga gaya komunikasi pemimpin lainnya the structuring style, the dynamic style, dan the relinguishing style dapat digunakan secara strategis untuk menghasilkan efek yang bermanfaat bagi organisasi. Dua gaya komunikasi pemimpin yang terakhir, the controlling style dan the withdrawal style mempunyai kecenderungan menghalangi berlangsungnya interaksi yang bermanfaat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara-wawancara terhadap subjek penelitian. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari subjek penelitian dan prilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini adalah, mutu pembelajaran yang ada di SMP PGRI 1 Cigombong saat ini dihasilkan dari gaya komunikasi kepala sekolah yang ideal dalam mewujudkan upaya-upaya sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yaitu the equalitarian style, the structuring style, the dynamic style dan the relinguishing style. Gaya komunikasi pemimpin yang diterapkan oleh kepala sekolah SMP PGRI 1 Cigombong sudah memperlancar proses komunikasi dan menciptakan hubungan harmonis antar kepala sekolah, guru dan staf, sehingga dengan keadaan tersebut sekolah akan lebih mudah mewujudkan upaya-upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Hubungan antara gaya komunikasi kepala sekolah dengan mutu pembelajaran juga dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yang dirasakan oleh kepala sekolah SMP PGRI 1 Cigombong yaitu, komunikasi antar kepala sekolah dengan guru dan staf berjalan dengan baik, hubungan antar kepala sekolah dengan guru dan staf berjalan dengan baik, terdapat media komunikasi yang baik dalam mendukung proses komunikasi di sekolah, lingkungan kerja yang nyaman serta tingkat pendidikan dan pengalaman para guru dan staf yang sudah cukup baik. Faktor pendukung tersebut sangat berpengaruh dalam mewujudkan upaya-upaya peningkatan mutu pembelajaran di SMP PGRI 1 Cigombong, karena faktor pendukung berpengaruh untuk menghasilkan dampak yang positif seperti meningkatkan kualitas, output dan outcome di suatu organisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, gaya komunikasi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran sangat mempengaruhi terlaksananya upaya sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran dan menentukan keadaan mutu pembelajaran di sekolah itu sendiri. Karena, jika gaya komunikasi yang digunakan sudah ideal bagi seorang pemimpin dan digunakan secara strategis, dapat menghasilkan efek yang bermanfaat bagi organisasi itu sendiri. Saran dari penelitian ini adalah, kepala sekolah diharapkan bisa mempertahankan gaya komunikasi pemimpin yang ideal seperti the equalitarian style yang sudah diterapkan selama ini dalam peningkatan mutu pembelajaran, agar mutu pembelajaran di SMP PGRI 1 Cigombong bisa terus meningkat dan menjadi lebih baik. Faktor pendukung dalam gaya komunikasi pemimpin juga diharapkan bisa terus dipertahankan dalam mendukung gaya komunikasi kepala sekolah yang diterapkan dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Faktor penghambat yang ada di SMP PGRI 1 Cigombong, berupa kesalah-pahaman atau distorsi dalam komunikasi antar kepala sekolah, guru dan staf diharapkan bisa diatasi semaksimal mungkin dengan cara selalu memastikan informasi mana yang akurat dan menyebarkannya kembali kepada guru dan staf untuk meminimalisir kesalah-pahaman tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi Pemimpin, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran, Pendidikan, Guru dan staf
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:03
Last Modified: 12 Jan 2023 08:03
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item