HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN CIMAHPAR 05 KOTA BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nur Afianti, Avifah (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN CIMAHPAR 05 KOTA BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Avifah Nur Afianti NIM: H.1810182 hubungan antara kemampuan literasi digital dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika di SDN Cimahpar 05 Kota Bogor pada masa pandemi covid-19, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi digital dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika di SDN Cimahpar 05 Kota Bogor pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Cimahpar 05 yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment dan uji korelasi berganda. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil perhitungan data yang diperoleh, pada analisis yang telah dilaksanakan dimulai dari variabel X1 (kemampuan literasi digital) dan Y (hasil belajar) diperoleh nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 dengan interpretasi nilai 0,538 yang dapat dikatakan berkorelasi sedang. Pada perhitungan selanjutnya yakni antara variabel X2 (kemandirian siswa) dan Y (hasil belajar) nilai signifikansi nya yakni 0,000 dengan interpretasi nilai 0,740 yang dapat dikatakan berkorelasi tinggi. Pada proses perhitungan data ini dilanjutkan dengan variabel X1 (kemampuan literasi digital) dan X2 (kemandirian siswa) diperoleh nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 dengan interpretasi nilai 0,403 yang dapat dikatakan berkorelasi sedang. Hasil perhitungan ini kemudian dilanjutkan kembali dengan perhitungan data antara dua variabel independen dilambangkan dengan huruf (X) yakni terdiri dari X1 (kemampuan literasi digital) dan X2 (kemandirian siswa) dengan variabel dependen yang dilambangkan dengan huruf Y (hasil belajar). Perhitungan hasil data yang terakhir yakni antara Variabel X1 (kemampuan literasi digital) dan X2 (kemandirian siswa) dengan variabel Y (hasil belajar), diperoleh hasil uji signifikansi sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwasannya kemampuan literasi digital dan kemandirian siswa dengan hasil belajar berkorelasi atau memiliki hubungan dengan interpretasi nilai 0,785 yang termasuk dalam tingkat hubungan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: asil Belajar, Kemampuan, Kemandirian, Literasi Digital, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:54
Last Modified: 16 Jan 2023 02:45
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item