Laila Zulfa, Lala (2022) TANTANGAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN SOSIAL PADA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (SiPAO) DALAM KELAS INKLUSIF: PERSEPSI GURU INKLUSIF. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Lala Laila Zulfa. NIM H.1810554. Tantangan Implementasi Sistem Pembelajaran Sosial Pada Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO) dalam Kelas Inklusif: Persepsi Guru Inklusi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2022. Pelaksanaan pembelajaran dalam kelas inklusif memerlukan perhatian dan fokus mendalam bagi guru kelas maupun guru pendamping kelas. Proses interaksi sebagai keterampilan sosial dalam pembelajaran di kelas inklusif menjadi hal yang penting sebagai kegiatan utama dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di SDN Cibalung 02 terdapat beberapa permasalahan terkait keterampilan sosial dalam pembelajaran sosial di kelas inklusi pada saat implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Alamiah Otak (SiPAO), antara lain: (1) Siswa non-reguler memiliki keterampilan sosial yang rendah ditunjukkan pada saat diskusi tidak berjalan secara komunikatif (2) Hanya sebagian siswa saja yang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sosial di kelas (3) Kurangnya metode pembelajaran yang digunakan guru secara menyeluruh dan efektif dalam membentuk sistem pembelajaran sosial pada penggunaan strategi Sistem Pembelajaran Berbasis Alamiah Otak (SiPAO). Oleh karena itu, sangat diperlukan penelitian secara menyeluruh mengenai bagaimana persepsi guru dalam implementasi pembelajaran sosial pada strategi Sistem Pembelajaran Berbasis Alamiah Otak (SiPAO). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru inklusi terhadap strategi yang digunakan untuk meningkatkan sistem pembelajaran sosial. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada 7 orang responden penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis tematik dan menghasilkan 3 tema yaitu hambatan-hambatan, faktor-faktor pendukung, dan upaya guru dalam memaksimalkan sistem pembelajaran sosial pada implementasi strategi Sistem Pembelajaran Berbasis Alamiah Otak (SiPAO) di kelas inklusif. Guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pedagogiknya sehingga dapat memberikan dukungan dan mengembangkan potensi serta keterampilan yang dimiliki peserta didik
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Inklusif, Sistem Pembelajaran Sosial, Sistem Pembelajaran Berbasis Alamiah Otak (SiPAO) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:29 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
View Item |