Mega Apriyani, Puspa (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBAYUNAN TAPOS DEPOK. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
3 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text
4 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
5 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
||
Text
6 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
||
Text
7 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Puspa Mega Apriyani. NIM: H.1511220. Pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Kebayunan Tapos. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2021. Bedasarkan hasil pengamatan di lapangan, peneliti menemukan masalah dimana pembelajaran tema dengan cara ekspositori masih kurang menarik untuk siswa, karena pembelajaran hanya berpusat pada guru daripada berpusat pada siswa. Keterlibatan siswa yang sangat minim karena siswa hanya melakukan kegiatan duduk, diam, mendengar, dan mencatat, sehingga siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Metode Mind mapping merupakan salah satu metode yang cocok digunakan untuk pembelajaran tema. Karena metode mind mapping berpusat pada siswa, sehingga siswa aktif dalam pembelajaran dan lebih menarik untuk siswa sehingga pembelajaran akan menjadi menyenangkan. Penelitian dilaksanakan di SDN Kebayunan Tapos Kota Depok dengan populasi 70 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 15 siswa. Teknik yang dipakai adalah kuantitatif dengan metode eksperimen desain Quasi Experimental Desain dengan bentuk Only Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes. Hasil dari pengujian hipotesis dengan metode Mann Whitney didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti < 0.05. Karena nilai signifikansi < 0.05, maka hipotesis diterima yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Instrumen utama yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Data di analisis dengan menggunakan t-test diperoleh t tabel sebesar 6,747 karena nilai t hitung > t tabel (6,747>1,667) maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tema peserta didik kelas IV SDN Kebayunan Tapos Depok tahun ajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar tema, Mind Mapping, Metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:25 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:52 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2685 |
Actions (login required)
View Item |