PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS DI RUMAH PADA MASA PANDEMI DI KELAS TINGGI SDN SINDANGSARI 2 KOTA BOGOR

Siti Mariam, Raden (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS DI RUMAH PADA MASA PANDEMI DI KELAS TINGGI SDN SINDANGSARI 2 KOTA BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Raden Siti Mariam. NIM: H.1810591 Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di Rumah Pada Masa Pandemi di Kelas Tinggi SDN Sindangsari 2 Kota Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru. Universitas Djuanda Bogor, 2022. Kedisiplinan belajar merupakan pengendalian diri seseorang sesuai dengan tata tertib dan ketentuan peraturan yang berlaku dalam mengikuti pembelajaran. Kedisiplinan belajar siswa dalam mengerjakan tugas di rumah dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua siswa. Orang tua merupakan lingkungan keluarga yang paling dekat dengan anak. Keterlibatan orang tua dalam penelitian ini meliputi pembentukan kondisi keluarga yang baik dan menstimulasi kecerdasan anak yang dapat menunjang kedisiplinan belajar siswa dalam mengerjakan tugas di rumah selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam mengerjakan tugas di rumah pada masa pandemi di kelas tinggi SDN Sindangsari 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi kausalitas. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas tinggi dengan jumlah 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Slovin, dan didapatkan sampel berjumlah 115. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu stratified random sampling (teknik acak terlapis) dengan memperhatikan pertimbangan unsur-unsur atau kategori di dalam populasi penelitian. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam mengerjakan tugas di rumah pada masa pandemi di kelas tinggi SDN Sindangsari 2 Kota Bogor dengan persamaan regresi linearnya adalah Y = 32,815 + 0,465x dan uji signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung = 6,326 > 1,981 = ttabel. Besarnya pengaruh keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam mengerjakan tugas di rumah didapatkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi (r2 ) yaitu sebesar 26,2%. Sedangkan 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan orang tua, Kedisiplinan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:27
Last Modified: 16 Jan 2023 02:53
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item View Item