PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NARASIKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH DI KELAS III SDN CIAWI 01

Nurazizah, Reni (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NARASIKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH DI KELAS III SDN CIAWI 01. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Reni Nurazizah. NIM: H.1810988. Penerapan Model Pembelajaran NARASIKOM dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah di Kelas III SDN Ciawi 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2022. Pendidikan sebagai jembatan dan upaya penitipan kebudayaan diharapkan dapat membantu pelestarian kebudayaan bahasa daerah di sekolah. Oleh karena itu bahasa daerah menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal yang dipelajari di tingkat sekolah. Realita yang terjadi adalah adanya kesenjangan komunikasi antargenerasi dalam berbicara bahasa Sunda yang dapat dikatakan sangat mengkhawatirkan. Hal ini menjadi salah satu kesulitan guru dalam memberikan pembelajaran bahasa Sunda kepada siswa, di mana dalam pembelajaran di kelas guru harus menjelaskan materi bahasa Sunda dengan cara menterjemahkan ulang materi yang diajarkan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Sunda pada siswa dengan model pembelajaran NARASIKOM di kelas III C SDN Ciawi 01 Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada penelitian ini, penggunaan model pembelajaran NARASIKOM dalam pembelajaran bahasa Sunda dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Sunda siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa dari 37,93 % atau sebanyak 11 siswa (siklus I) meningkat menjadi 60,71 % atau sebanyak 17 siswa (siklus II)

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Model Pembelajaran NARASIKOM, Keterampilan Berbicara, Bahasa Sunda
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:30
Last Modified: 16 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item