Nurazizah, Reni (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NARASIKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH DI KELAS III SDN CIAWI 01. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
3 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
||
Text
7 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) | Preview |
Abstract
Reni Nurazizah. NIM: H.1810988. Penerapan Model Pembelajaran NARASIKOM dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah di Kelas III SDN Ciawi 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2022. Pendidikan sebagai jembatan dan upaya penitipan kebudayaan diharapkan dapat membantu pelestarian kebudayaan bahasa daerah di sekolah. Oleh karena itu bahasa daerah menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal yang dipelajari di tingkat sekolah. Realita yang terjadi adalah adanya kesenjangan komunikasi antargenerasi dalam berbicara bahasa Sunda yang dapat dikatakan sangat mengkhawatirkan. Hal ini menjadi salah satu kesulitan guru dalam memberikan pembelajaran bahasa Sunda kepada siswa, di mana dalam pembelajaran di kelas guru harus menjelaskan materi bahasa Sunda dengan cara menterjemahkan ulang materi yang diajarkan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Sunda pada siswa dengan model pembelajaran NARASIKOM di kelas III C SDN Ciawi 01 Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada penelitian ini, penggunaan model pembelajaran NARASIKOM dalam pembelajaran bahasa Sunda dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Sunda siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa dari 37,93 % atau sebanyak 11 siswa (siklus I) meningkat menjadi 60,71 % atau sebanyak 17 siswa (siklus II)
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Model Pembelajaran NARASIKOM, Keterampilan Berbicara, Bahasa Sunda |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:30 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:54 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2687 |
Actions (login required)
View Item |