HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIKUDA 01 KABUPATEN BOGOR

Nur Oktaviani, Revina (2022) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIKUDA 01 KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

evina Nur Oktaviani H.1510538 Hubungan Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di SDN Cikuda 01 Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kepribadian guru terhadap minat belajar siswa di SDN Cikuda 01 Kabupaten Bogor pada tahun pembelajaran 2019-2020 jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif yang berdasarkan analisis statistik dengan metode korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 49 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa tersebut. Kepribadian guru merupakan suatu hal yang menentukan keakraban hubungan guru dengan siswa, yang tercermin dari sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing siswa. yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hubungan saling mempengaruhi yang terjadi antara guru kelas dengan minat belajar siswa di kelas. Minat belajar adalah Kecenderungan individu (siswa) untuk memusatkan perhatian dikarenakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan terhadap suatu objek atau situasi tertentu yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk studi pendahuluan serta menyebarkan angket pada pelaksanaan penelitian. Hasil dari penelitian diperoleh dari pengisian angket dari 49 responden (siswa), pada hasil pengujian uji lineritas didapatkan hasil nilai Fhitung pada tabel di atas diperoleh nilai Fhitung adalah 1.431 dan Ftabel 2.25 maka Fhitung > Ftabel yaitu 1.431> 2.25 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear antara kepribadian guru terhadap minat belajar. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis, penelitian dapat dilanjutkan pada uji parametik.Hasil dari pengujian hipotesis dapat dinilai dari koefisien korelasi sebesar 0.271 dan didapat nilai koefisien determinasi sebesar 0,029 atau 2.9%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian guru terhadap minat belajar dengan keeratan hubungan rendah, kepribadian guru memberikan sumbangan sebesar 2.9% terhadap minat belajar, sedangkan sisanya 97,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian guru, minat belajar, korelasi sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:33
Last Modified: 16 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item