Hafazillah Astiasari, Siti (2022) PENANAMAN TATA NILAI BUDAYA DISIPLIN SISWA KELAS ATAS DI SDS PLUS TUNAS BANGSA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Siti Hafazillah Astiasari, NIM: H.1810535 Penanaman Tata Nilai Budaya Disiplin Siswa Kelas Atas di SDS Plus Tunas Bangsa. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru. 2022. Abstrak: Budaya disiplin di lingkungan sekolah merupakan tradisi yang berkaitan dengan norma-norma yang ada di sekolah. Penanaman budaya disiplin siswa dilaksanakan sebagai proses dalam membentuk perilaku siswa untuk taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku. Realita yang terjadi di lingkungan sekolah, masih ada saja siswa yang kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah, misalnya seperti terlambat masuk sekolah, sengaja bolos sekolah, tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan bahkan sampai ada anak yang kurang hormat terhadap guru. Hal ini tentunya dapat berpengaruh pada dasar pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk tata nilai budaya disiplin yang ditanamkan kepada siswa kelas atas di SDS Plus Tunas Bangsa. (2) untuk mengetahui peran kepala sekolah, guru, dan orang tua dalam menanamkan budaya disiplin siswa kelas atas di SDS Plus Tunas Bangsa. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai budaya disiplin siswa kelas atas di SDS Plus Tunas Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif (studi kasus). Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tematik. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperolah keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk tata nilai budaya disiplin siswa kelas atas di SDS Plus Tunas Bangsa dilihat dari aspek disiplin bersikap, disiplin waktu, dan disiplin belajar. (2) peran kepala sekolah, guru, dan orang tua dalam menanamkan tata nilai budaya disiplin siswa kelas atas di SDS Plus Tunas Bangsa adalah dengan membuat peraturan, memberikan pembiasaan dan keteladanan, memberlakukan sistem reward (hadiah) dan punishment (hukuman), mengadakan observasi dan sosialisasi. (3) faktor pendukung dalam menanamkan tata nilai budaya disiplin siswa kelas atas di SDS Plus Tunas Bangsa adalah adanya kerjasama untuk menjalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran dalam diri siswa untuk bertanggungjawab terhadap kewajiban dalam menaati aturan dan tata tertib yang berlaku
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya, Disiplin, Nilai, Penanaman, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:37 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 03:21 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2690 |
Actions (login required)
View Item |