MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN KEDUNGHALANG 03

Rohimah, Siti (2022) MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN KEDUNGHALANG 03. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
BAB v & Dapus.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Siti Rohimah. NIM: H.1810126 Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN Kedunghalang 03. Skirpsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda. 2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Kedunghalang 03 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedunghalang 03 yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes unjuk kerja. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Selanjutnya data di analisis menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Uji Prasayarat. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa minat membaca berkorelasi dengan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Kedunghalang 03. Hasil rhitung diinterpretasikan dengan pedoman interpretasi terhadap koefisien korelasi sehingga dapat diketahui bahwa keeratan hubungan antara dua variabel yaitu kuat dengan hasil pearson correlation 0,689. Hasil analisis diketahui nilai r square yaitu 0,475 ini menunjukan bahwa minat membaca memiliki hubungan 47,5% dengan keterampilan menulis karangan deskripsi. Oleh karena itu arah hubungan kedua variabel adalah positif, berarti semakin tinggi minat membaca maka semakin meningkat keterampilan menulis karangan deskripsi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:44
Last Modified: 16 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item