PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL IHYA CIOMAS

Sumiati, sumiati (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL IHYA CIOMAS. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Juduldocx.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
Bab I docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB IVdocx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Sumiati NIM. H.1810898 “Pengaruh Penggunaan Media Visual Berbantu Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihya”, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam Dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor, 2022. Matematika masih menjadi mata pelajaran tersulit bagi siswa sekolah dasar, sehingga nilai hasil belajar siswa juga rendah, dalam penelitian ini nilai hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIS Darul Ihya rendah, sehingga dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika, peneliti menggunakan teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan media audio visual berbantu alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan desain penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media audio visual berbantu alat peraga terhadap hasil belajar matematika di kelas IV di madrasah ibtidaiyah Darul Ihya Ciomas, pengambilan sample mengunakan teknik sampel simple random sampling, pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan pretest dan posttest, data yang didapat diuji deskripsi dan diuji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya di uji hipotesisnya mengunakan uji Independent sampel t-Test, hasil penelitian menunjukan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa mengunakan Media Audio Visual Berbantu Alat Peraga. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata-rata nilai posttest 84,17 yang diajar mengunakan media audio visual berbantu alat peraga dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 78,50 yang diajar mengunakan model konvensional. Hal ini di buktikan dari hasil uji prsayarat normalitas dengan nilai 0, 139 dan uji homogenitas pretest dengan nilai 0,532 dan niali posttest 0,169, serta uji hipotesis yang terlihat bahwa nilai signifikasi 2-tailed lebih kecil dari 0,05 dengan hasil 0,022 < 0,05 H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual berbantu alat peraga dengan siswa kelas kontrol yang diterapkan model konvensional

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Hasil Belajar, Matematika, Media Audio Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:55
Last Modified: 16 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item