PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN CILEMBER 02 KABUPATEN BOGOR

Eliyanti, Tabela (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN CILEMBER 02 KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
halaman judul.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
Bab I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Tabela Eliyanti. NIM: H.1810507 Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas V pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN Cilember 02 Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru. Universitas Djuanda Bogor, 2022. Keterlibatan atau tanggung jawab orang tua yaitu mendampingi dan mengawasi saat anak melaksanakan pembelajaran, mempersiapkan fasilitas yang akan digunakan anak saat pembelajaran jarak jauh, memotivasi anak, menumbuhkan kreativitas anak, serta mengevaluasi hasil belajar anak. Orang tua adalah penanggung jawab pertama dan utama dalam proses pendidikan anak-anaknya. Perbedaan keterlibatan orang tua dalam belajar anaknya dapat mengakibatkan prestasi belajar yang berbeda pada diri anaknya, seperti halnya keterlibatan orang tua dalam belajar siswa kelas V SDN Cilember 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas V pada masa pandemi COVID-19 di SDN Cilember 02 Tahun akademik 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cilember 02 dengan jumlah 69 siswa, dan sampel dalam penelitian ini merupakan yaitu populasi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik non probability jenis sensus atau sampling total. Penelitian ini menggunakan analisis bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar kelas V pada masa pandemi COVID-19 di SDN Cilember 02 Kabupaten Bogor dengan persamaan regresi liniernya adalah Y = 12,801 + 0,343 x dan uji signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 dengan nilai thitung = 2,221 > 1,914 = ttabel besarnya pengaruh keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar didapatkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi (r2 ), yaitu sebesar 26,9% sedangkan 73,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dengan demikian dapat dikatakan keterlibatan orang tua mempengaruhi prestasi belajar matematika selama pembelajaran dari rumah. Jika keterlibatan orang tua tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika selama pandemi COVID-19 berarti terdapat faktor lain yang lebih dominan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan orang tua, prestasi belajar, matematika, pandemi covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:01
Last Modified: 16 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item