Hernawan, Denny and Seran, G.Goris and Purnamasari, Irma and Purnomo, Agustina Multi and Apriliani, Afmi PERSPEKTIF KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI TERHADAP IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal GOVERNANSI. ISSN 2442-3971
|
Text
1-Jurnal+Governansi+Vol+8+No+1+(April+2022)_final.pdf Download (436kB) | Preview |
Abstract
Bagi perguruan tinggi penting untuk mengetahui efektivitas dan mendapatkan gambaran implementasi kebijakan MBKM guna memperbaiki kinerja secara berkelanjutan. Berdasarkan perspektif kebijakan berbasis bukti, survei dilakukan untuk mendapatkan bukti dari dua implementer kebijakan MBKM, yaitu provider (pendidik dan tenaga kependidikan) dan user (mahasiswa). Dari perspektif provider, hasil survei menunjukkan tingkat keterlibatan provider yang cukup tinggi dalam implementasi MBKM, mulai dari kontribusi dalam diskusi/rapat/workshop persiapan MBKM hingga aktif mendorong mahasiswa untuk mengikuti MBKM. Implementasi kebijakan MBKM berdampak positif terhadap pembelajaran mahasiswa, peningkatan hard skill dan soft skill mahasiswa, maupun peningkatan kapasitas dosen. Dari perspektif user, hasil survei menunjukkan penilaian mahasiswa bahwa pembelajaran di luar kampus berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi dan perluasan wawasan mahasiswa. Mahasiswa juga menilai adanya kesesuaian kegiatan MBKM dengan kebutuhan lulusan di masa mendatang dan adanya peningkatan soft skill mahasiswa. Namun demikian, survei mengidentifikasi tiga hambatan utama dalam implementasi kebijakan MBKM, yaitu penyesuaian kurikulum, penyesuaian sistem informasi akademik, dan masalah pendanaan bagi mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi |
Depositing User: | Andri Brawijaya |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:27 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2711 |
Actions (login required)
View Item |