KOMUNIKASI PEMASARAN PERUSAHAAN PASCA PANDEMI: STUDI RESPON PELANGGAN TERHADAP PESAN DI INSTAGRAM

Purnomo, Agustina Multi and Pratidina, Ginung and Setiawan, M.Fajar KOMUNIKASI PEMASARAN PERUSAHAAN PASCA PANDEMI: STUDI RESPON PELANGGAN TERHADAP PESAN DI INSTAGRAM. Jurnal Komunikatio. ISSN 2442-3882

[img]
Preview
Text
4.+JK+Agustina+105-115.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Perusahaan-perusahaan mulai membenahi dampak pandemi dengan melakukan beragam strategi komunikasi pemasaran. Instagram masih menjadi pilihan media komunikasi pemasaran pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh IPC Residence di Instagram dalam memperkuat promosi perusahaan pasca pandemi. Penelitian mengkaji respon responden terhadap empat faktor komunikasi pemasaran di media sosial, yaitu komunikasi, konteks, keterhubungan, dan kolaborasi. Respon positif pelanggan terhadap komunikasi pemasaran di media sosial menunjukkan bentuk kepercayaan kepada perusahaan untuk dapat memberikan layanan yang baik di masa pasca dan pasca pandemi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan alat pengumpulan data kuesioner. Populasi mengacu pada data kunjungan ke PT PMLI Bogor pada bulan Mei 2022 yaitu sebanyak 450 orang. Jumlah sampel menurut rumus Slovin pada tingkat kepercayaan 90% adalah 81,81 orang atau dibulatkan menjadi 100 orang. Karakteristik 100 responden telah mewakili keragaman dan keterwakilan karakteristik pelanggan dan calon pelanggan IPC Residence dari sisi usia, pendapatan dan aktivitas penggunaan media sosial. Hasil pengolahan data menggunakan Weight Mean Score menemukan nilai rata–rata 4,49 pada keempat faktor komunikasi pemasaran di media sosial. Temuan ini menunjukkan IPC Residence telah melakukan komunikasi, membangun pesan sesuai konteks, membangun keterhubungan dan kolaborasi yang sangat baik dengan pelanggan dan calon pelanggan. Disimpulkan, komunikasi yang dilakukan oleh IPC Residence dalam Instagram dapat memperkuat pemasaran perusahaan pasca pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:28
Last Modified: 17 Jan 2023 04:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item