KURNIAWATI, RIA and Rasmitadila, Rasmitadila (2019) PENGGUNAAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU KELAS DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ( STUDI KASUS KELAS II SDN CITAPEN 1 KABUPATEN BOGOR ). Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (614kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
Abstract
ABSTRAK Ria Kurniawati: NIM: H.1510563. “Penggunaan Komunikasi Nonverbal Guru Kelas Dengan Siswa Tunarungu Dalam Proses Pembelajaran Studi Kasus Kelas II SDN Citapen 1 Kabupaten Bogor” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan komunikasi nonverbal antara guru kelas (GK) dengan siswa tunarungu (ST) dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Citapen 01 Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Creswell (2014). Guru kelas dan satu orang siswa tunarungu diamati dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Wawancara juga dilakukan pada guru kelas II A menggunakan panduan wawancara semi-terstruktur untuk menentukan kategori penggunaan komunikasi nonverbal menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini digambarkan dalam profil penggunaan komunikasi nonverbal,yang menunjukkan bahwa kategori penggunaan komunikasi nonverbal yang digunakan terdiri dari tiga kategori; yaitu jenis komunikasi nonverbal, hambatan dalam penggunaan komunikasi nonverbal serta upaya guru untuk meningkatkan intensitas komunikasi nonverbal. Penggunaan komunikasi nonverbal dalam penelitian ini mengubah paradigma belajar selama pelajaran bahasa Indonesia dari siswa tunarungu yang pasif menjadi aktif. Kata kunci: Tunarungu, komunikasi nonverbal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Ahmad Ghazi Amajida |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 06:04 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:18 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/28 |
Actions (login required)
View Item |