ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PELIBATAN KELUARGA DAN MASYARAKAT PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Adiman, A and Nuraya, Naufalia and Herawati, Endang S.B and Aliyyah, Rusi Rusmiati ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PELIBATAN KELUARGA DAN MASYARAKAT PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK. ALIGNMENT:Journal of Administration and Educational Management. ISSN 2598-5159

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PELAKSANAAN_PROGRAM_PELIBATAN_KELUARGA_DA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan program pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan di TK Pembina Sumber Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model studi kasus untuk menganalisis pelaksanaan program sesuai kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (depth interview) dan kuesioner yang terlebih dahulu diuji validitas dengan teknik validitas isi oleh ahli (expert judgement). Analisis data dilakukan dengan mengikuti model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelibatan keluarga dan masyarakat pada penyelenggaraan pendidikan di TK Pembina Sumber terlaksana sesuai petunjuk teknis. Dari berbagai program yang direncanakan, perlu optimalisasi peyediaan fasilitas pustaka berupa sudut baca bagi orangtua. Pemberdayaan orangtua/wali murid dalam kelas inpirasi sebagai motivator/inspirator bagi peserta didik perlu dioptimalkan. Simpulan, Program pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan di TK Pembina Sumber terlaksana sesuai Permendikbud No. 30 tahun 2017.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 15 Feb 2023 06:52
Last Modified: 15 Feb 2023 06:52
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item