Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan

Aliyyah, Rusi Rusmiati and Subasman, Iman and Herawati, Endang S.B and Oktaviany, Venny Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid. ISSN 2579-4876

[img]
Preview
Text
Manajemen_Berbasis_Sekolah__Optimalisasi_Mutu_Pend.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui optimalisasi mutu pendidikan melalui program manajemen berbasis sekolah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Mahmudiyyah. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambil model Milles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa MBS dapat menjadi peluang sekolah untuk mengoptimalkan mutu pendidikan dari aspek delapan standar nasional pendidikan yang terdiri dari standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar sarana prasarana. MBS juga dapat menjadikan sekolah unggul dalam memiliki program kerja dengan berlandaskan kurikulum 2013. Budaya sekolah dan partisipasi masyarakat dapat menjadi salah satu aspek dalam meningkatkan pengelolaan satuan pendidikan berbasis MBS sesuai anjuran pemerintah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:38
Last Modified: 15 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item