MANAJEMEN KESISWAAN PADA SEKOLAH DASAR

Aliyyah, Rusi Rusmiati and Widyasari, Widyasari and Mulyadi, Didi and Ikhwan, S and Prananosa, AG MANAJEMEN KESISWAAN PADA SEKOLAH DASAR. Didaktika Tauhidi. ISSN 2550-0252

[img]
Preview
Text
MANAJEMEN_KESISWAAN_PADA_SEKOLAH_DASAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pola manajemen kesiswaan. Penelitian ini dilakukan pada SD Pertiwi kota Bogor menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pengelolaan peserta didik dilakukan mulai dari perencanaan, penerimaan peserta didik, orientasi peserta didik, pengelompokkan/penempatan peserta didik, pelaporan hasil evaluasi, sistem tingkat dan nontingkat, mutasi dan dropout peserta didik, layanan peserta didik, pembinaan disiplin peserta didik, organisasi peserta didik, serta kelulusan dan alumni; (2) Guru menjadi pionir dalam manajemen kesiswaan karena memiliki peran sebagai agen dalam kemajuan perkembangan peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:38
Last Modified: 15 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item