Pengembangan Media Pembelajaran Sembia Sosis Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar

R.Paridotul, Siti Nur and Aliyyah, Rusi Rusmiati and Firmansyah, Wilis Pengembangan Media Pembelajaran Sembia Sosis Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar.

[img]
Preview
Text
Pengembangan_Media_Pembelajaran_Sembia_Sosis_Berba.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android yang dapat digunakan oleh siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) dengan muatan mata pelajaran IPA pada tema 9 dengan materi sistem tata surya. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah dari kebosanan siswa dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sehingga membutuhkan media pembelajaran menarik yang dapat digunakan kapan saja serta dimana saja secara offline. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan prosedur model ADDIE, yaitu Analisis, kemudian Desain, dilanjutkan dengan Develop, lalu Implementasi, dan yang terakhir Evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Validasi yang digunakan adalah validasi media dan materi yang dilakukan oleh ahli dibidangnya. Adapun responden yang terlibat dalam menguji kelayakan media diantaranya adalah guru kelas VI, dan 20 siswa SD kelas VI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Sembia Sosis (Senang Mudah Belajar Ilmu Alam materi Solar Sistem) yang dikembangkan ini memiliki karakteristik file berupa aplikasi package (apk) yang dapat diinstal dan dijalankan dengan menggunakan smartphone android yang mendukung siswa untuk belajar mandiri. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian pengguna, secara keseluruhan disimpulkan bahwa aplikasi Sembia Sosis layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:38
Last Modified: 15 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item