Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah

Pupu Fauziah, Siti (2021) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Tadbir Muwahhid, 5 (1). ISSN 2579-4876

[img]
Preview
Text
Bu Pupu Penulis Pertama Penguatan Pendidikan Karakter 12.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penguatan pendidikan karakter merupakan program yang signifikan yang harus dterapkan di sekolah. Sekolah sebagai rumah kedua bukan hanya sebagai sarana penyampaian ilmu pengetahuan (transfer knowledge) tetapi juga penanaman nilai karakter (transfer of values), sehingga mampu melahirkan peserta didik yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi penguatan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Amaliah. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1). SD Amaliah telah menerapkan budaya sekolah secara optimal, memiliki prestasi akademik dan non-akademik, serta memiliki program khas penerapan pendidikan karakter, 2) Budaya sekolah di SD Amaliah memiliki peran strategis dalam mengembangkan karakter pada diri peserta didik. Keterbatasan penelitian ini masih belum menyeluruh mendeskripsikan tahapan budaya sekolah di SD Amaliah. Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu adanya nilai-nilai karakter berbasis Tauhid untuk diimplementasikan dalam budaya sekolah yang menjadi ciri khas SD Amaliah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:31
Last Modified: 13 Apr 2023 04:31
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item