HUBUNGAN ANTARA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN CITAPEN 01 KABUPATEN BOGOR

RAHMAWATI, TIANI and Khusnul Latifah, Zahra (2019) HUBUNGAN ANTARA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN CITAPEN 01 KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (781kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

Tiani Rahmawati. NIM: H.1510183. Hubungan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SDN Citapen 01 Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara gerakan literasi sekolah dengan kemampuan berpikir kritis siswa di SDN Citapen 01 Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Citapen 01 yang berjumlah 119 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling diperoleh dua kelas yang digunakan sebagai sampel, yaitu kelas V A dan V C yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji signifikansi diperoleh rhitung = 0,404 > rtabel = 0,22 sehingga terdapat hubungan antara gerakan literasi sekolah dengan kemampuan berpikir kritis; 2) gerakan literasi sekolah memberikan sumbangan sebesar 16,3% terhadap kemampuan berpikir kritis, sedangkan 83,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini; 3) nilai koefisien korelasi yang diperoleh antara gerakan literasi sekolah dengan kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,404, menunjukkan tingkat hubungan sedang antara gerakan literasi sekolah dengan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: literasi, gerakan literasi sekolah, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:44
Last Modified: 25 Aug 2020 02:18
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item