PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN BANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN CARINGIN 02

DURROTUL AWALIAH, INTAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN BANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN CARINGIN 02. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Caringin 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent posttest-only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Caringin 02. Kelas IV-A dengan jumlah 25 siswa merupakan kelas eksperimen dan kelas IV-B dengan jumlah 24 siswa merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa posttest soal. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan bantuan SPSS 29 for windows. Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen (IV-A) yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Role Playing memperoleh nilai rata-rata posttest 79,40 dan hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol (IV-B) yang diberi perlakuan dengan mengguanakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 68,54. Berdasarkan hasil uji t (Independent Sample t-Test) dimana memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,006 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Caringin 02.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: role playing, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:34
Last Modified: 18 Aug 2023 08:34
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item View Item