YOLANDA SARI, SITI and Widyasari, Widya (2019) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI KELAS II SD NEGERI CIBODAS 03 KECAMATAN RUMPIN). Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (518kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
Siti Yolanda Sari. NIM: H.1511201 Motivasi Belajar Peserta Didik slow learner (Studi kasus di Kelas II SD Negeri Cibodas 03 Kecamatan Rumpin). Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2019. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik slow learner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik slow learner di kelas II SD Negeri Cibodas 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang dibantu dengan catatan lapangan hasil observasi, dan catatan lapangan hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependabilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan menggunakan bahan referensi, sedangkan uji dependabilitas dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik slow learner dipengaruhi oleh cita-cita dan aspirasi siswa, kemampuan siswa, lingkungan sekolah dan pergaulan teman sebaya, serta upaya guru dalam membelajarkan siswa. Lingkungan keluarga tidak mempengaruhi motivasi belajar peserta didik slow learner karena situasi sekitar lingkungan rumah tidak kondusif, orangtua tidak memberikan fasilitas belajar yang lengkap, dan orangtua tidak membimbing anak belajar. Unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran juga tidak mempengaruhi motivasi belajar peserta didik slow learner karena guru kelas tidak menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran, serta guru kelas jarang menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Kata kunci : motivasi belajar, anak berkebutuhan khusus, slow learner.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Ahmad Ghazi Amajida |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 06:47 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:15 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/36 |
Actions (login required)
View Item |