“KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA PADA UPAYA MEMBANGUN KEPERCAYAAN MELALUI PENDEKATAN PERSAHABATAN”

Susanti, Tessa (2019) “KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA PADA UPAYA MEMBANGUN KEPERCAYAAN MELALUI PENDEKATAN PERSAHABATAN”. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (531kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana seorang remaja membangun kepercayaan dalam proses interpersonal yang dilatarbelakangi oleh kasus hilangnya kepercayaan pada anak broken home , hal tersebut akan dimulai dengan pentingnya mengubah sikap ke arah komunikasi bersama yang meliputi kesepakatan, opini yang positif,/saling membutuhkan dan berempati untuk tidak saling menjatuhkan. Dengan rumusan masalah yaitu bagaimana komunikasi interpersonal remaja dalam menjalin persahabatan dan bagaimana upaya membangun kepercayaan dalam menjalin persahabatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan mengenai komunikasi interpersonal remaja dalam menjalin persahabatan dan menggambarkan mengenai upaya membangun kepercayaan dalam persahabatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan dua Key informan dan lima remaja sebagai informan pendukung. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pendekatan komunikasi interpersonal memiliki aspek pendekatan yaitu kesetaraan, keterbukaan, opini positif atau mendukung dan empati. Melalui pendekatan komunikasi interpersonal tersebut, dianggap lebih efektif untuk melakukan interaksi dalam menjalin komunikasi dalam persahabatan. Ketika seorang remaja dengan remaja lainnya telah saling memahami dalam melakukan interaksi, maka dimungkinkan remaja yang pernah mengalami masa broken home dapat terbuka perlahan-lahan dengan lawan bicaranya yaitu sahabat, tentunya diiringi dengan intesnsitas bertemu yang sering. Melalui percakapan yang dilakukan oleh dua orang yang melakukan komunikasi maka dibenarkan masuk dibahas dalam komunikasi jika kesepakatan tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan keduanya, maka akan dapat terjadi pemutusan yang dipandang sebagai jurang komunikasi untuk saling mejauh, bahkan bisa menjadi kesenjangan sosial keduanya. Akan tetapi, peneliti mangasumsikan, jika komitmen atau kesepakatan etika/ moral dapat terjaga oleh keduanya dalam mengembalikan empat indikator yaitu, keterbukaan, empati, sikap mendukung/positif dan kesetaraan, akan dapat memainkan peran dalam interaksi, sehingga akan membangun komunikasi yang harmonis ke arah pemulihan, sehingga bangunan kepercayaan keduanya dalam persoalan tersebut akan mencapai tujuan sesuai dengan prosesnya. Dengan kesimpulan komunikasi interpersonal diadik dapat menjadi cara untuk seseorang yang pernah merasakan broken home dapat pulih kembali yaitu dengan didukung oleh intensitas bertemu, komitmen dan 4 indikator komunikasi interpersonal. Kata kunci : Broken Home, Komunikasi Interpersonal, Remaja, Persahabatan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Broken Home, Komunikasi Interpersonal, Remaja, Persahabatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:44
Last Modified: 23 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item