PENGARUH AKUNTABILITAS PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN CIAWI KABUPATEN BOGOR

Latifah, Febriyanti Husnul (2023) PENGARUH AKUNTABILITAS PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN CIAWI KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan publik bagi setiap warga negara dan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Pemerintah telah mengatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sebagai bentuk pemberian delegasi wewenang Kabupaten/Kota terhadap Kecamatan untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang efektif, efisien, responsif. Namun masih terdapat masalah yang dihadapi yaitu akuntabilitas pegawai seperti ketepatan waktu dalam proses pelayanan, serta keterbatasan informasi prosedur pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pegawai, kualitas pelayanan juga pengaruh akuntabilitas pegawai terhadap kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Akuntabilitas menurut Rivai (2011) ada empat dimensi yaitu kualitas, kuantitas, efektivitas dan komitmen kerja. Teori Kualitas Pelayanan menurut Harfika dan Abdullah (2017) ada lima dimensi yaitu tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan rumus Weight Mean Score. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataaan penilaian pegawai pada variabel Akuntabilitas diperoleh skor 4,64 (Sangat Baik) dan penilaian masyarakat 4,00 (Baik). Sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan penilaian pegawai diperoleh rataan nilai 4,67 (Sangat Baik), dan penilaian masyarakat 4,08 (Baik) selanjutnya hasil uji korelasi diketahui bahwa variabel akuntabilitas pegawai memiliki pengaruh yang kuat terhadap kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dilihat dari nilai koefisiensi korelasi sebesar 0.715** dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 pada tingkat taraf kepercayaan 0.05 atau 95% diantara nilai 0,600-0,799 maka interpretasinya adalah Kuat. Saran dalam penelitian ini adalah perlu peningkatan peran pegawai khususnya bagian Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) harus lebih berkompeten selama proses pelayanan, sehingga pertanggungjawaban kinerja pelayanan publik di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor berjalan dengan baik dan perlu adanya peningkatan akuntabilitas pegawai untuk menunjang kinerja pegawai lebih produktif dan berkompeten. Kata Kunci: Akuntabilitas, Kecamatan, Kualitas Pelayanan, PATEN.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Kecamatan, Kualitas Pelayanan, PATEN.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:49
Last Modified: 27 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item