PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JEMPUT BOLA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

Rafi, Muhammad (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JEMPUT BOLA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan, pemerintah dituntut agar dapat menyediakan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat mengatasi permasalahan pelayanan publik yang terjadi selama ini seperti pelayanan yang berbelit-belit dan lambat. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan publik pada bidang administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah adalah melalui inovasi pelayanan publik. Salah satu bentuk inovasi pelayanan publik pada Bidang Administrasi Kependudukan yaitu inovasi program jemput bola yang merupakan kegiatan pemberian layanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan dengan tujuan memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat. Masalah yang didapat ialah petugas dalam melakukan pelayanan kurang cermat. Hal tersebut dapat diliat dari hasil akta kelahiran yang terdapat kesalahan nama, tempat tanggal lahir dan nama ayah/ibu yang membuat masyarakat harus memperbaiki kembali akta kelahiran yang salah tersebut. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan program jemput bola di Disdukcapil Kabupaten Bogor, Untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kabupaten Bogor, Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan program jemput bola terhadap kepuasan masyarakat di Disdukcapil Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori kualitas pelayanan dari Hardiansyah yaitu Kualitas pelayanan public merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan denngan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan dimana penilaian kualitasnya di tentukan pada saat terjadinya pemberian pelayanan tersebut. Dan terdapat 5 dimensi yaitu, Tangible, Reability, Responsivines, Ansurance, Empaty. Dan untuk kepuasan masyarakat menggunakan teori dari PERMENPANRB No.14 Tahun 2017 yaitu kepuasan masyarakat diartikan sebagai ukuran keberhasilan penyelenggara pelayanan yang ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan penerima pelayanan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh sesuai dengan yang diharapkannya. Dan terdapat 9 dimensi yaitu, Persyaratan, Prosedur, Waktu penyelesaian, Biaya/Tarif, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi pelaksana, Perilaku pelaksana, Penanganan pengaduan, Sarana dan Prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian deskriptif dan Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mendapatkan Program Jemput Bola di 16 Kecamatan yang berada Kabupaten Bogor pada tahun 2022 yang berjumlah 3.114 orang. Teknik pengambilan sampel ii pada penelitian ini yaitu menggunakan rumus Yamane. Hasil perhitungan di peroleh sample sebanyak 88 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik yaitu observasi, wawancara dan angket. Kemudian, data yang didapat melalui angket diolah atau dianalisis dengan menggunakan rumus Weight Mean Score (WMS), uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi rank spearman, uji signifikasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran di program jemput bola yaitu memperoleh nilai 4,12 dengan kategori baik. Adapun variabel kepuasan masyarakat memperoleh nilai 4,14 dengan kategori baik. Hasil koefisien korelasi didapat bahwa hubungan antar variabel sebesar 0,782 dengan kategori kuat dan bernilai positif, dan hasil koefisien determinasi yaitu 61,1%. Artinya kualitas pelayanan program jemput bola terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran yaitu sebesar 61,1%, sedangkan 38,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Masyarakat, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Masyarakat, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:40
Last Modified: 27 Oct 2023 08:40
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item