PENGARUH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI

Arfiyanti, Rasda (2023) PENGARUH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Halaman Judul Skripsi Rasda Arfiyanti.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Abstract dan Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx.pdf

Download (78kB)

Abstract

Upaya pemerintah dalam mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 18/2005. Adapun dalam prosesnya masih banyak masyarakat yang mengantre untuk mendapatkan pelayanan serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Keberhasilan sistem ini akan berdampak pada kualitas pelayanan di dinas sebagai instansi pelaksana administrasi kependudukan untuk wilayah kabupaten/kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi. Teori yang digunakan yaitu untuk variabel Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) menggunakan teori dari Palmer, Jonathan W. (2002) dua dimensi, yaitu Fasilitas Sistem dan Kualitas Sistem. Sedangkan variabel Y Kualitas Pelayanan menggunakan teori Harfika dan Abdullah 2017, p. 48, lima dimensi yaitu Bukti Fisik (tangibles), Empati (empathy), Realibilitas (realibility), Daya tanggap (responssiveness), dan Jaminan (assurance). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh rekapitulasi keseluruhan rataan jawaban responden Pegawai variabel X sebesar 4,55 dengan kategori Sangat Baik dan variabel Y yaitu 4,53 dengan kategori Sangat Baik. Selanjutnya rekapitulasi keseluruhan rataan dimensi pada Masyarakat untuk variabel Y yaitu 4,06 dengan katagori Baik. Kemudian Pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi sebesar 0,64 kategori kuat dengan arah hubungan positif dan searah. Pada perhitungan koefisien determinasi menjelaskan bahwa kekuatan pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) (X) terhadap Kualitas Pelayanan (Y) yaitu sebesar 40,96% dan kontribusi faktor lain adalah sebesar 59,04%. Pegawai diharapakan dapat secara aktif memahami tugas dan fungsi, adapun untuk masyarakat pahami persyaratan pembuatan dokumen agar proses pelayanan bisa berjalan dengan cepat dan tepat. Kata Kunci: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Adminstrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Adminstrasi Kependudukan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:48
Last Modified: 30 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item