PENGARUH PESAN KAMPANYE #PAKAISAMPAIHABIS DI AKUN INSTAGRAM @LYFEWITHLESS TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU FOLLOWERS DALAM KONSUMSI PRODUK KECANTIKAN

Yunita, Yunita (2023) PENGARUH PESAN KAMPANYE #PAKAISAMPAIHABIS DI AKUN INSTAGRAM @LYFEWITHLESS TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU FOLLOWERS DALAM KONSUMSI PRODUK KECANTIKAN. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (819kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Meningkatnya limbah industri kecantikan akibat tren penggunaan produk kecantikan di Indonesia, sayangnya tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkan. Lyfe With Less berusaha mengatasi hal tersebut dengan menggerakkan kampanye #PakaiSampaiHabis produk kecantikan. Lyfe With Less menggunakan media sosial Instagram melalui akun @lyfewithless dalam penyebaran pesan kampanye. Pesan kampanye hendaknya dirancang secara lebih kreatif dan efektif agar mampu menggugah kesadaran, menarik perhatian, dan menimbulkan efek yang diharapkan. Hasil akhir perancangan pesan kampanye terdapat pada perubahan perilaku khalayak yang menerima pesan kampanye. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pesan dalam kampanye #PakaiSampaiHabis pada followers akun Instagram @lyfewithless, untuk mengetahui perubahan perilaku followers mengkonsumsi produk kecantikan, dan untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye #PakaiSampaiHabis di akun Instagram @lyfewithless terhadap perubahan perilaku followers dalam konsumsi produk kecantikan. Pendekatan teori komunikasi yang digunakan yaitu Teori Kemungkinan Elaborasi atau Elaboration Likelihood Model (ELM). Teori ini mengasumsikan bahwa dalam mengevaluasi suatu pesan persuasif dapat dilakukan secara kritis dan secara sederhana tanpa pemikiran yang kritis. Perilaku permanen dihasilkan dari evaluasi pesan yang melibatkan kemampuan elaborasi, sedangkan perilaku temporer terjadi ketika kemampuan mengelaborasi pesan rendah atau tidak ada. ELM membagi dua jalur pengolahan pesan persuasif yakni Jalur Sentral (Central Route) dan Jalur Periferal (Peripheral Route). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Peneliti berusaha menganalisis data yang digunakan untuk menggambarkan pengaruh pesan kampanye #PakaiSampaiHabis di akun Instagram @lyfewithless terhadap perubahan perilaku followers dalam konsumsi produk kecantikan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan penyebaran kuesioner secara online untuk mengetahui berbagai informasi mengenai pendapat followers terhadap pesan kampanye #PakaiSampaiHabis dan perilaku mengkonsumsi produk kecantikan. Populasi dalam penelitian adalah followers akun Instagram @lyfewithless sebanyak 119.000 followers. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probabilitas jenis Sampel Acak Sederhana dikarenakan sampel bersifat homogen yaitu followers akun Instagram @lyfewithless yang menerima pesan kampanye dan pernah atau sedang mengikuti #PakaiSampaiHabis. Sampel yang ditetapkan adalah 100 followers dihitung dengan rumus Taro Yamane. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert untuk mengukur butir pernyataan terkait tujuan penelitian dan skala pengukuran Weight Mean Score (WMS) untuk menentukan vii interval skor setiap butir pernyataan. Teknik pengumpulan data mencakup data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara kepada beberapa followers yang menyatakan setuju maupun kurang setuju. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah dari hubungan (positif atau negatif) antara pesan kampanye #PakaiSampaiHabis (X) dengan perubahan perilaku followers (Y), Koefisien Determinasi untuk mengetahui seberapa besar kontribusi variabel X terhadap variabel Y dengan melihat nilai R-Square (R2 ), dan Pengujian Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi Parsial dengan membandingkan thitung dengan ttabel. Diperoleh hasil Regresi Linier Sederhana dengan nilai konstanta (α) sebesar 2,588 positif, nilai ini menunjukkan bahwa pada saat Pesan Kampanye #PakaiSampaiHabis (X) bernilai nol atau tidak meningkat, maka Perubahan Perilaku Followers (Y) akan tetap bernilai 2,588. Koefisien regresi (b) sebesar 0,504 (bertanda positif) menunjukkan pengaruh searah yang artinya jika Pesan Kampanye #PakaiSampaiHabis (X) ditingkatkan sebesar satu satuan maka akan meningkatkan Perubahan Perilaku (Y) sebesar 0,504 satuan. Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa R2 memiliki nilai sebesar 64,6%. Artinya, Pesan Kampanye #PakaiSampaiHabis di akun Instagram @lyfewithless mempengaruhi Perubahan Perilaku Followers dalam konsumsi produk kecantikan sebesar 64,6% sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji T menunjukkan 13,382 > 1,984, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, Pesan Kampanye #PakaiSampaiHabis di akun Instagram @lyfewithless memiliki signifikansi yang kuat dan positif terhadap Perubahan Perilaku Followers dalam konsumsi produk kecantikan. Penelitian dapat disimpulkan bahwa Pesan Kampanye #PakaiSampaiHabis pada indikator Isi Pesan dengan kategori Verbalisasi Pesan menjadi faktor utama yang menarik perhatian followers dalam menentukan sebuah perubahan perilaku konsumsi produk kecantikan. Perubahan Perilaku Followers mengkonsumsi produk kecantikan berada di Tahap Contemplation (Perenungan) berupa kesadaran followers untuk bertanggung jawab dalam konsumsi produk kecantikan. Terdapat pengaruh signifikansi yang kuat dan positif antara Pesan Kampanye #PakaiSampaiHabis di akun Instagram @lyfewithless terhadap Perubahan Perilaku Followers dalam konsumsi produk kecantikan. Penelitian diharapkan agar Lyfe With Less membuat inovasi baru dalam pengemasan pesan kampanye dengan pendekatan emosional agar masyarakat lebih tersentuh dengan permasalahan sampah kemasan produk kecantikan di Indonesia dan masyarakat dapat terdorong untuk melakukan aksi #PakaiSampaiHabis produk kecantikan. Kata Kunci: pesan kampanye, perubahan perilaku, konsumsi produk kecantikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pesan kampanye, perubahan perilaku, konsumsi produk kecantikan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:06
Last Modified: 31 Oct 2023 02:06
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item View Item