Pengaruh Terpaan Media Terhadap Perilaku Fear of Missing Out Konser Musik (Kasus Media Twitter untuk Fanbase BTS Indonesia)

Wardani, Zahara Eka (2023) Pengaruh Terpaan Media Terhadap Perilaku Fear of Missing Out Konser Musik (Kasus Media Twitter untuk Fanbase BTS Indonesia). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Cover Skripsi Zahara.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Zahara.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Zahara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi Zahara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB 3 Skripsi Zahara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB 4 Skripsi Zahara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi Zahara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Zahara.pdf

Download (251kB)

Abstract

Twitter telah memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat modern. Terkhusus bagi Fanbase BTS Indonesia, Twitter menjadi tempat utama untuk mendapatkan informasi, berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan sesama penggemar. Namun, fenomena ini juga membawa dampak yang menarik perhatian peneliti, yaitu perilaku FoMO (Fear of Missing Out). FoMO adalah kecemasan akan kehilangan pengalaman sosial atau aktivitas yang terjadi di sekitarnya, terutama penggemar BTS Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik probability sampling berbentuk simple random sampling. Teknik pengumpulan data secara primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui kuesioner di google form dengan menggunakan skala likert. Analisis instrumen mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, heterodaksitas, dan multikolinearitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis linear sederhana dengan uji T. Hasil penelitian ini ialah, Terpaan media terhadap Perilaku Fear of Missing Out Konser Musik (Kasus Media Twitter untuk Fanbase BTS Indonesia) memperoleh pengaruh positif, dengan kata lain, semakin intens individu terpapar dengan informasi dan konten konser musik melalui Twitter, semakin tinggi tingkat perilaku FoMO yang fanbase BTS Indonesia alami. Terpaan media yang memiliki indikator tertinggi ialah frekuensi dan perilaku faer of missing out yang mendapatkan skor tertinggi ialah tidak terpenuhi kebutuhan psikologis akan relatedness. Kata kunci: Terpaan Media; Fear of Missing Out; Twitter; Konser Musik; BTS

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media; Fear of Missing Out; Twitter; Konser Musik; BTS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:11
Last Modified: 31 Oct 2023 02:11
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3712

Actions (login required)

View Item View Item