Yuliana, Elma Ridha (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGABUNGAN MATA PELAJARAN IPA DAN IPS (IPAS) PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SDIT GREEN BHAKTI INSANI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (634kB) |
|
Text
2. ABSTRAKK.pdf Download (215kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Cara pemerintah untuk menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan abad 21, saat ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat, adalah dengan mengubah atau menyempurnakan kurikulum. Sementara kurikulum merdeka diterapkan mulai kelas satu dan empat, akan tetapi pembelajaran IPAS dimulai dari kelas tiga. Kesiapan belajar harus diperhatikan selama proses pembelajaran karena lingkungan belajar yang menumbuhkan kesiapan akan membantu siswa menerima dan memahami informasi yang disampaikan guru, dapat menggugah siswa untuk merespon secara positif, dan akan berdampak pada hasil belajar yang dicapai. Tahun ajaran baru 2022–2023 kurikulum merdeka sudah diterapkan di SDIT Green Bhakti Insani. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik pengimplementasiaan kurikulum merdeka serta dampak penggabunggan IPAS dikurikulum merdeka terhadap kesiapan belajar siswa kelas IV di SDIT Green Bhakti Insani dengan menggunakan metodologi studi kasus dan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kurikulum merdeka di SDIT Green Bhakti telah diterapkan, untuk pengembangan soft skill melalui P5, fokus pada materi essensial sehingga guru mempunyai waktu banyak untuk memperhatikan proses belajar dan pembelajaran nya fleksibel sehingga memudahkan guru dalam mengajar. Penerapan kurikulum merdeka membawa dampak positif dan negatif, Implemntasi IPAS pada kurikulum merdeka di SDIT Green Bhakti insani untuk penekanan aspek karakter sesuai dimensi profil pelajar pancasila diwujudkan melalui pembentukan akhlaqul karimah, kegiatan pembelajarannya sudah berbasis proyek dan mengikuti gaya pembelajaran abad-21 Kesiapan belajar siswa kelas 4 di SDIT Green Bhakti insani pada saat pelajaran IPAS sudah baik dan siap bisa dilihat pada kondisi fisik siswa baik, mental dan emosional siswa stabil selain itu sekolah memfasilitasi kegiatan belajar, guru menerapkan reward dan punishment terhadap siswa dengan tujuan membuat siswa bersungguh sungguh dalam belajar dan pengetahuan serta keterampilan siswa sudah baik karna nilai yang didapat tidak ada yang dibawah kkm. Berdasarkan penelitian mengenai dampak penggabungan mata pelajara IPA dan IPS (IPAS) pada kurikulum merdeka terhadap kesiapan belajar siswa kelas 4 di SDIT Green Bhakti Insani, peneliti mengambil kesimpulan bahwa kesiapan belajar siswa kelas 4 di SDIT Green bhakti Insani dikatakan siap terhadap dampak penggabunggan mata pelajaran IPA dan IPS (IPAS) . Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, kesiapan belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, kesiapan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:12 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:12 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3930 |
Actions (login required)
View Item |