UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS V DI SDN LEBAKSARI SUKABUMI

Lestari, Fitriani (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS V DI SDN LEBAKSARI SUKABUMI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (373kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lebaksari Sukabumi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Soal yang digunakan untuk tes yaitu soal assessment kompetensi minimum. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 5 soal uraian, memuat indikator kemampuan literasi numerasi didalamnya. Prosedur analisis data menggunakan Miles and Huberman, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Responden penelitian ini yaitu guru kelas V dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian 2 siswa dengan kemampuan literasi numerasi dalam kategori tinggi, 23 siswa dengan kemampuan literasi numerasi sedang dan 2 siswa dengan kemampuan literasi numerasi rendah. Sehingga untuk kemampuan literasi numerasi siswa kelas V dikategori sedang. Upaya guru meningkatkan kemampuan literasi numerasi yaitu dengan memberi motivasi dan dukungan kepada siswa, melakukan kerjasama dengan orangtua/wali murid, mengatasi kecemasan siswa, penerapan konsep dalam pembelajaran, penerapan strategi penguatan numerasi, mendesain pembelajaran berbasis proyek, game work dan kompetisi, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan diskusi dan mengaitkan unsur numerasi pada mata pelajaran lain. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan kemampuan siswa yaitu dukungan kepala sekolah, dukungan orang tua, pojok baca dan teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa yaitu belum siapnya media/tools yang akan digunakan, kurangnya buku bacaan non pelajaran dan belum adanya pelatihan dari dinas guruan daerah maupun kabupaten. Kata Kunci: Siswa Kelas V, Guru, Numerasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Siswa Kelas V, Guru, Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:46
Last Modified: 23 Nov 2023 03:46
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3936

Actions (login required)

View Item View Item