ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR

Larasati, Lintang (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (177kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan diharap bisa jadi solusi bagi masalah-masalah yang terjadi, terutama pada bagian penetapan orientasi dalam tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar kelas 4 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batutulis 1 menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan juga wawancara. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas 4 A, B dan C serta 4 murid kelas 4. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Dalam kesiapannya SDN Batutulis 1 ini sudah mengikuti aturan yang ditetapkan sebelum menerapkan Kurikulum Merdeka yakni; Memiliki minat untuk menerapkan, Kepala sekolah telah memperlajari tentang kurikulum merdeka, Sekolah memutuskan untuk mencoba menerapkan, Mengisi formulir pendaftaran survei singkat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran. Murid merasa lebih mengerti pembelajaran dengan kurikulum yang saat ini diterapkan. Mereka merasa pembelajaran lebih terarah pada fokus subjek mata pelajaran yang tidak lagi menggunakan tematik. Hal ini dapat terwujud karena anak sudah belajar didalam kelas, tidak lagi secara daring dirumah. Adanya interaksi antara guru dan juga murid-muridnya didalam kelas menjadikan pembelajaran lebih mudah dipahami. Kata Kunci: Implentasi Kurikulum, Merdeka Belajar, Studi Kasus.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implentasi Kurikulum, Merdeka Belajar, Studi Kasus.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:27
Last Modified: 23 Nov 2023 06:27
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item