UPAYA GURU MENANGANI SISWA DISLEKSIA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Firdaus, Siti (2023) UPAYA GURU MENANGANI SISWA DISLEKSIA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (527kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Disleksia merupakan salah satu jenis kesulitan belajar pada seseorang berupa ketidakmampuan membaca. Anak dengan gangguan disleksia akan kesulitan dalam belajar membaca, menulis, dan melakukan tugas yang berkaitan dengan bahasa terlepas dari usia dan kecerdasan yang mereka miliki. Diperlukan upaya guru untuk menangani siswa disleksia terutama siswa disleksia yang masih berkesulitan dalam membaca permulaan di sekolah dasar. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui upaya guru menangani siswa disleksia dalam membaca permulaan di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah dasar, yakni di SDN Pakuan dan SDN ciawi 02. Metode penelitian yang digunakan yaitu postpositivism dengan jenis Simple Research Design (SRD). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 7 orang guru kelas yang mengajar siswa disleksia khususnya dalam membaca permulaan di sekolah dasar, yaitu 2 orang guru kelas 3 dari SDN Pakuan, 1 orang guru kelas 3 dari SDN Ciawi 02, dan 4 orang guru kelas 4 dari SDN Ciawi 02. Prosedur analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data tematik dan uji keabsahan data dengan member check. Penelitian dilaksanakan mulai dari minggu pertama bulan Februari hingga minggu pertama di bulan Mei. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Metode pembelajaran efektif yang digunakan guru dalam menangani siswa disleksia dalam membaca permulaan di sekolah dasar yaitu: a) jenis metode pembelajaran yang meliputi metode membaca yakni metode eja dan cara pengaplikasiannya dimulai dengan pengenalan huruf menggunakan bantuan media seperti kartu huruf, papan tulis, dan gambar sampai kepada membaca per suku kata menjadi kata dan kalimat; b) alasan metode meliputi manfaat metode yakni untuk membantu siswa lebih cepat membaca, mudah dipahami, efektif, dan mudah mengenalkan; c) tujuan metode meliputi harapan guru yakni agar anak mudah paham, cepat, dan lancar membaca. 2) Media pembelajaran yang sesuai yang digunakan guru dalam menangani siswa disleksia dalam membaca permulaan di sekolah dasar yaitu: a) jenis media pembelajaran meliputi media visual yakni kartu, gambar, buku, dan benda, media audio menggunakan rekaman suara, media audiovisual menggunakan video, dan pengaplikasiannya yakni dengan memperlihatkan dan memperdengarkan; b) alasan media meliputi keuntungan media yakni untuk memudahkan dan mempercepat siswa dalam membaca, praktis, dan efektif; c) tujuan media meliputi fungsi media terhadap siswa yakni agar siswa tertarik dan tidak bosan dan harapan guru yaitu siswa akan lebih cepat dalam membaca, mudah memahami, dan lebih lancar dalam membaca. 3) Bentuk penguatan yang diberikan guru dalam menangani siswa disleksia dalam membaca permulaan di sekolah dasar yaitu: a) penguatan verbal meliputi bentuk ucapan yakni berupa pujian dan motivasi; b) penguatan gestural meliputi bentuk gestur dengan mengacungkan jempol dan bertepuk tangan, dan ix ekspresi dengan mimik wajah ceria; c) penguatan kegiatan meliputi kegiatan sebagai hadiah yakni dengan memberikan reward seperti istirahat atau pulang lebih awal; d) penguatan mendekati meliputi cara guru mendekati yakni dengan menghampiri siswa dan berjalan dekat siswa; e) penguatan sentuhan meliputi bentuk sentuhan yakni dengan mengelus, menyentuh pundak, dan bersalaman; f) penguatan tanda meliputi jenis tanda yakni tanda berupa tulisan seperti nilai, poin, dan gambar bintang serta tanda berupa benda seperti hadiah dan stiker. Kata Kunci: Upaya Guru, Siswa Disleksia, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Siswa Disleksia, Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:11
Last Modified: 24 Nov 2023 03:11
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item View Item