EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA BERBASIS E-KINERJA DI PUSAT PELATIHAN MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN PERTANIAN

Euis, Salbiah (2020) EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA BERBASIS E-KINERJA DI PUSAT PELATIHAN MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN PERTANIAN. JURNAL GOVERNANSI, 6 (1). pp. 51-56. ISSN 2549-7138

[img] Text
JURNAL GOVERNASI Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja Di Pusat Pelatihan Manajemen Dan Kepemimpinan Pertanian V 6 - 2020.pdf

Download (855kB)
[img] Text
EFEKTIVITAS_PENILAIAN_KINERJA_BERBASIS_E_KINERJA_D.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/JGS/article/view/2633/pdf

Abstract

Penilaian kinerja memegang peranan penting bagi organisasi karena memungkinkan organisasi untuk mengetahui, mengukur dan menilai kinerja pegawai. Hasil penilaian kinerja membantu organisasi untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan sumber daya manusia organisasi. Penilaian kinerja sangat berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penilaian kinerja berbasis e-kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian. Penilaian kinerja dipandang sebagai penilaian atas prestasi/kemampuan kerja yang ditunjukkan oleh pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan target kerja, yaitu jumlah beban kerja yang dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan. Kinerja pegawai tersebut dinilai efektivitasnya berdasarkan empat dimensi, yaitu kuantitas, kualitas, waktu dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 61 dijadikan sebagai responden penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner/angket sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dengan dibantu melalui penghitungan skor rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penilaian kinerja berbasis e-kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian memperoleh skor rerata sebesar 4,14 termasuk kategori penilaian baik. Dikaitkan dengan empat dimensi penilaian kinerja, maka skor tertinggi berada pada dimensi kualitas yang memperoleh skor rerata sebesar 4,24 termasuk dalam kategori penilaian sangat baik, sedangkan dimensi biaya memiliki skor rerata terendah sebesar 4,06 walaupun termasuk kategori penilaian baik.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Administrasi Publik
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:10
Last Modified: 25 Jan 2021 02:10
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item