ANALISIS PENGGUNAAN DWIBAHASA (INDONESIA DAN SUNDA) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS III SDN CIMANDE 03

Lestari, Suci (2023) ANALISIS PENGGUNAAN DWIBAHASA (INDONESIA DAN SUNDA) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS III SDN CIMANDE 03. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (285kB)
[img] Text
2. Abstrak_114040.pdf

Download (15kB)
[img] Text
3. BAB I_114041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
4. BAB II_114044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
5. BAB III_114049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
6. BAB IV_114051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
7. BAB V_114100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka_112244.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penggunaan dwibahasa Indonesia dan Sunda sebagai bahasa pengantar sering dilakukan oleh guru khususnya di sekolah dasar. Namun bahasa Sunda lebih sering digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III SDN Cimande 03 ini dibandingkan menggunakan bahasa Indonesia. Hal demikian terjadi bukan karena sekolah tersebut menjadi sekolah percontohan bahasa Sunda melainkan hal tersebut terjadi secara alami. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan dwibahasa Sunda dan Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas III SDN Cimande 03. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Prosedur analisis data yang digunakan yaitu analisis data Edmund Husserl diantaranya bracketing, intuiting, analyzing dan describing. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan dwibahasa dalam proses pembelajaran sudah dilakukan sejak lama saat awal guru mengajar, hal tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran seperti saat guru sedang menjelaskan suatu materi yang belum dipahami siswa, siswa bertanya tentang materi pembelajaran dan saat guru memberikan arahan kepada siswa. Adapun hal lain yang ditemui yaitu: 1) Permasalahan yang terjadi saat penggunaan bahasa Indonesia diantaranya: a) lingkungan siswa masih bersifat kedaerahan; b) bahasa pengantar guru; c) siswa belum bisa menggunakan bahasa yang baik dan benar; dan d) adanya bahasa gaul. 2) Penggunaan dwibahasa memiliki makna yaitu: a) penggunaan dwibahasa sebagai sebuah sistem; b) penggunaan dwibahasa sebagai ungkapan personal; dan c) penggunaan dwibahasa sebagai ungkapan antarpersonal. 3) Faktor penyebab penggunaan dwibahasa, yaitu: a) faktor internal dan b) faktor eksternal. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Dwibahasa, Proses Pembelajaran, Siswa Kelas Rendah

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Dwibahasa, Proses Pembelajaran, Siswa Kelas Rendah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:00
Last Modified: 24 Nov 2023 04:00
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item