PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI SILIWANGI

Septiyani, Vina (2023) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI SILIWANGI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

Sistem pembelajaran harus dirancang dengan cara yang menarik, agar minat belajar siswa meningkat, belajar lebih semangat dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat terbentuk dengan baik. Dalam merancang pembelajaran yang menarik, harus melibatkan beberapa komponen yaitu strategi belajar dalam beberapa rangkaian kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran, model pembelajaran, evaluasi pembelajaram dan pemanfaatan sumber dalam pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dalam penggunaan metode pembelajaran pada keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) dengan siswa yang menggunakan Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM dengan pendekatan Design Thinking. Metode penelitian ini kuantitatif yaitu eksperimen menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, tes, angket dan dokumen. Analisis data pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Adapun hasil analisis data bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM dengan pendekatan Design Thinking terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IV SD Negeri Siliwangi. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yaitu uji independent sample test yang mendapatkan hasil 0,000 < 0,05. Jadi, berdasarkan data tersebut terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM dengan pendekatan Design Thinking yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Project Based Learning; STEM; Design Thinking; Keterampilan Berpikir kritis

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; STEM; Design Thinking; Keterampilan Berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:13
Last Modified: 24 Nov 2023 06:13
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item View Item