PENGEMBANGAN MEDIA AJAR SIFAT- SIFAT CAHAYA BERBASIS MICROLEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Karmenita, Viona (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR SIFAT- SIFAT CAHAYA BERBASIS MICROLEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
cover.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan kurikulum merdeka belajar. Adanya perubahan kurikulum memunculkan berbagai istilah pembelajaran salah satunya Microlearning, dengan adanya pembelajaran berbasis Microlearning lebih merealisasikan kebebasan anak dalam belajar. Pembelajaran berbasis Microlearning sering digunakan dengan pendekatan Hy-Flex. Namun, dari penelitian yang dilakukan masih jarang sekali diterapkan pembelajaran berbasis Microlearning di sekolah dasar. Pada pembelajaran berbasis Microlearning penelitian ini berfokus pada materi sifat-sifat cahaya, dipilihnya materi ajar sifat-sifat cahaya dikarenakan pada observasi dan wawancara yang dilakukan pengajaran materi tersebut masih membutuhkan dukungan media terutama dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka yang memunculkan pembelajaran berbasis Microlearning. Pengembangan media ajar sifat-sifat cahaya masih dilakukan secara Sinkronus, dan belum ada pengembangan materi ajar sifat-sifat cahaya dengan menggunakan media Asinkronus berbasis Microlearning. Maka dari itu perlu adanya pengembangan produk media tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Asinkronus pada materi ajar sifat-sifat cahaya kelas 4 SD berbasis pembelajaran Microlearning. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research And Development (R&D). Metode yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk media berupa poster yang diuji kelayakannya dengan 1 ahli materi dan 1 ahli media. Nilai kualitas media dari dosen ahli materi memperoleh persentase 86,45% tergolong pada ketegori sangat baik atau sangat layak, sedangkan dosen ahli media memperoleh persentase 61% tergolong pada kategori baik atau layak, uji kepraktisan dengan memperoleh persentase 91,96% kategori sangat baik, dan uji keefektifan 90% kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kulitas media poster yang telah dibuat atau dihasilkan dapat menarik perhatian serta layak untuk diterapkan pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Media, Sifat-sifat Cahaya, Microlearning

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media, Sifat-sifat Cahaya, Microlearning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:23
Last Modified: 24 Nov 2023 06:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3978

Actions (login required)

View Item View Item