Analisis Perbandingan Pengaruh Teks Informatif dan Naratif Terhadap Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 12 di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School

Radif, Khotamir Rusli (2024) Analisis Perbandingan Pengaruh Teks Informatif dan Naratif Terhadap Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 12 di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Karimah Tauhid, 3 (4). ISSN 2963-590X

[img] Text
Radif - Analisis Perbandingan Pengaruh Teks Informatif.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Radif - PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN.pdf

Download (763kB)
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view...

Abstract

Di sekolah-sekolah Islam tradisional, pembelajaran Bahasa Arab hanya berfokus pada teori dan tata bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca buku, sehingga lebih berfokus pada teks-teks informatif. Sementara itu, di sekolah-sekolah Islam modern, pembelajaran Bahasa Arab digunakan untuk dimanfaatkan dalam komunikasi sehari-hari dan lebih berfokus pada teks naratif. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan pengaruh antara teks informatif dan naratif dalam kemahiran membaca teks Bahasa Arab pada siswa kelas 12 di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua jenis teks, baik informatif maupun naratif, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran membaca teks Bahasa Arab. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi (2-tailed) yang kurang dari 0,05 dan koefisien korelasi (r) yang menunjukkan hubungan positif antara kedua jenis teks dengan kemahiran membaca. Meskipun demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh teks informatif dan naratif terhadap kemahiran membaca teks Bahasa Arab. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam rata-rata kemahiran membaca Bahasa Arab antara siswa yang mempelajari teks informatif dengan siswa yang mempelajari teks naratif. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa kedua jenis teks memiliki peran yang penting dalam pengembangan kemahiran membaca Bahasa Arab bagi siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:36
Last Modified: 23 Apr 2024 08:36
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item