FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING VERBAL DAN PERAN GURU DALAM MENANGANI SISWA SDN 05 CIHIDEUNG ILIR KECAMATAN CIAMPEA

SARAH, SARAH (2019) FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING VERBAL DAN PERAN GURU DALAM MENANGANI SISWA SDN 05 CIHIDEUNG ILIR KECAMATAN CIAMPEA. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Judul.pdf

Download (487kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

Sarah. NIM: H.1511200 Faktor penyebab perilaku bullying verbal dan peran guru dalam penanganan siswa SDN 05 Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2015 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai faktor penyebab perilaku bullying verbal dan menggambarkan peran guru dalam menangani perilaku bullying verbal. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang perperilaku agresif dan berkepribadian kurang baik dikelas IV SDN 05 Cihideung Ilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti yang dibantu dengan lembar rekam observasi, catatan lapangan hasil observasi, dan catatan lapangan hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor individu penyebab perilaku bullying verbal siswa, faktor teman sebaya penyebab perilaku bullying siswa dan peran guru dalam menangani perilaku bullying verbal siswa. Faktor individu penyebab perilaku bullying siswa tumbuh karena kepribadian siswa dan perilaku agresif siswa yang ingin mencari perhatian guru dan teman-temannya , faktor teman sebaya penyebab perilaku bullying siswa tumbuh karena siswa ingin membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan hal yang teman lakukan meskipun siswa merasa tidak nyaman, juga saling ejek sesama teman, dan peran guru dalam menangani perilaku bullying siswa yakni dengan cara guru bersikap serius setiap adanya laporan bullying, guru membimbing dan membuat aturan tentang bullying di kelas atau sekolah Kata kunci: Bullying verbal, peran guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:25
Last Modified: 21 Sep 2020 03:25
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item