UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS II SDN GUNUNG PICUNG 03 KECAMATAN PAMIJAHAN

Suwarni, Warni (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS II SDN GUNUNG PICUNG 03 KECAMATAN PAMIJAHAN. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (249kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Warni Suwarni. NIM: H.1411334 Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas SDN Gunung Picung 03 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2018. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang baik adalah kegiatan belajar yang memberikan kesempatan kepada siswa supaya lebih aktif, kreatif dan menyenangkan dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran yang direncanakan guru. Data pra penelitian siswa kelas II SDN Gunung Picung 03 yang mendapat hasil ulangan harian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis menyatakan bahwa 34 (69%) siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan KKM yaitu 73. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan ketermpilan menulis melalui model pembelajaran Picture and Picture, yang dilaksanakan di SDN Gunung Picung 03 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, di kelas II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 49 siswa sesuai dengan jumlah siswa yang ada dalam satu kelas.Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Hasil akhir penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes tertulis mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 72 , dengan prosentase siswa yang tuntas sebesar 53 %, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 81 dengan prosentase siswa 88% dengan prosentase siswa yang tuntas sebesar 88%, dapat dinyatakan bahwa penelitian telah mencapaikeberhasilan. Penggunan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SDN Gunung Picung 03 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia Materi Menulis, Media Picture and Picture.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:19
Last Modified: 17 Jun 2021 03:19
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item