PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 DI SDN SITUGEDE 5 KOTA BOGOR

Rismanuddin, Muhamad (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 DI SDN SITUGEDE 5 KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Pemahaman belajar siswa dapat dilihat melalui nilai yang didapat siswa dan bergantung pada pendekatan pembelajaran dan ketersediaan alat peraga. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas 5 yang berjumlah 37 siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas 4A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 28 siswa, dengan rincian 15 laki-laki dan 13 perempuan. Kelas kontrol adalah kelas 4B terdiri dari 32 siswa dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Situgede 5 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi perubahan fisik lingkungan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan media gambar, demonstrasi dengan Pendekatan Saintifik. Berdasarkan analisis data. Ada kenaikan hasil belajar dari nilai rata-rata 9,32 pada pre test, kemudian nilai rata-ratanya naik menjadi 17,32 pada post test. Diperoleh kesimpulan yaitu ternyata pemahaman siswa dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi perubahan lingkungan fisik di SDN Situgede 5 mengalami peningkatan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini dikarenakan pembelajaran lebih bermakna dan lebih diingat oleh siswa. Kata Kunci : Pemahaman siswa, IPA, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:31
Last Modified: 17 Jun 2021 03:31
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item