TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DAN INSTRUKTIF ORAG TUA DALAM MEMBANTU GURU MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP INSAN NUR MUHAMMAD KECAMATAN TENJOLAYA KABUPATEN BOGOR

Hidayat, Holid (2019) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DAN INSTRUKTIF ORAG TUA DALAM MEMBANTU GURU MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP INSAN NUR MUHAMMAD KECAMATAN TENJOLAYA KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (321kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Holid Hidayat, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2019. Teknik Komunikasi Persuasif dan Instruktif Orang Tua Dalam Membantu Guru Meningkatkan Prestasi Siswa di SMP Insan Nur Muhammad Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Pembimbing I: Ike Atikah Ratna Mulyani, S.Sos., MM., M.Si.; Pembimbing II: Agustini, Dra., M.Si. Penerapan teknik komunikasi instruktif kepada siswa di SMP Insan Nur Muhammad, dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat dicapai dengan dukungan dan motivasi dari sekolah dan rumah, kerjasama yang baik antara sekolah dan rumah menjadi penting dalam memotivasi siswa untuk berprestasi. Seperti Marwan yang awalnya mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya sebagai guru BK, memberikan bimbingan kepada siswa yang kurang disiplin dapat memotivasi siswa untuk belajar, namun akhirnya Marwan berhasil menjadikan siswa SMP Insan Nur Muhammad berprestasi dan SMP Insan Nur Muhammad menjadi satu. sekolah terbaik di Kecamatan Tenjolaya dengan mendapatkan beberapa penghargaan dalam berbagai lomba antar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi instruktif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian deskriptif kualitatif menjelaskan fenomena secara akurat tentang fakta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, buku, dokumentasi, laporan, dan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi instruksional yang dilakukan oleh guru dengan Rasa Takut Membangkitkan, ancaman yang diberikan sebagai hukuman kepada siswa yang terlambat, skorsing, panggilan orang tua, dan mengulang kelas yang sama untuk mendisiplinkan dan memotivasi siswa agar menjadi siswa yang bertanggung jawab, disiplin dan berprestasi. Hal ini juga dilakukan oleh Red Hearring, muatan kepentingan menang dalam suatu konflik seperti arahan, penjelasan, keyakinan, perhatian dan pemahaman agar siswa menjadi disiplin, mengikuti aturan dan menjadi siswa yang berprestasi. Kesimpulannya adalah guru BK berhasil memberikan motivasi kepada siswa dalam prestasi belajarnya. Kata kunci: Guru; Komunikasi instruktif; Prestasi belajar; Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 12 Jul 2021 08:08
Last Modified: 12 Jul 2021 08:08
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item