PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM PADA KAMPANYE BOGOR TANPA KANTONG PLASTIK TERHADAP PERSPEKTIF MASYARAKAT KOTA BOGOR

Filtania, Melyani (2019) PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM PADA KAMPANYE BOGOR TANPA KANTONG PLASTIK TERHADAP PERSPEKTIF MASYARAKAT KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (51kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)

Abstract

Melyani Filtania, Jurusan Public Relation, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2019, Pemanfaatan Media Instagram pada Kampanye Bogor Tanpa Kantong Plastik Terhadap Perspektif Masyarakat Kota Bogor, Pembimbing 1 : Sukarelawati, Hj, Dra, M.Si, Pembimbing II : Maria Fitria, S.Sos, M.Si. Semakin populernya media sosial di lingkungan pemerintahan membuat Pemerintah Kota Bogor turut memanfaatkan media sosial khsusunya instagram sebagai media dalam mengkampanyekan peraturan yang dibuat kepada masyarakat luas. Selain itu, instagram merupakan media sosial jumlah penggunanya tertinggi pertama di Indonesia. Dalam hal ini, Pemkot Bogor pun melakukan kampanye Bogor Tanpa Kantong Plastik dengan mengunggah poster di instagram dengan harapan dapat mempengaruhi perspektif masyarakat Kota Bogor. Rumusan pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pemanfaatan poster pada kampanye Bogor Tanpa Kantong Plastik melalui Instagram? (2) Bagaimana perspektif masyarakat Kota Bogor terhadap kampanye Bogor Tanpa Kantong Plastik? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfataan media instagram pada kampanye Bogor Tanpa Kantong Plastik terhadap perspektif masyarakat Kota Bogor. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dan analisis korelasional dengan bantuan kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden, yaitu pengikut pada akun instagram @pemkotbogor. Data dari hasil kuesioner di masukkan ke dalam tabulasi analisis secara manual dan diinterpretasikan. Untuk menghitung pengaruh menggunakan pearson’s correlation (Rank Spearman) pada SPSS 22. Berdasarkan hasil weight means score (WMS) pada penelitian ini diketahui bahwa variabel X (Poster pada Kampanye Bogor Tanpa Kantong Plastik) diperoleh hasil penilaian 4,27 dengan kriteria penafsiran sangat baik. Sedangkan variabel Y (Perspektif Masyarakat Kota Bogor) diperoleh hasil penilaian 4,18 kriteria penafsiran sangat baik. Berdasarkan Tingkat kekuatan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dari hasil output SPSS, diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.740. Artinya, tingkat kekuatan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 0.740 atau kuat. Kesimpulan penelitian ini yaitu variabel Poster Bogor Tanpa Kantong Plastik di instagram tertinggi pada indikator Pesan pada Poster dengan sangat baik sedangkan variabel Perspektif Masyarakat Kota Bogor tertinggi pada indikator Keinginan dengan kriteria sangat baik. Saran yang dapat diberikan kepada Pemkot Bogor Pemerintah Kota Bogor dalam hal ini Bagian Humas dan Protokol diharapkan mampu lebih menggali permainan warna, tipografi dan pemilihan font yang lebih menarik dan unik yang dapat lebih menarik perhatian masyarakat Kota Bogor khususnya pengikut dari instagram @pemkotbogor. Kata Kunci : Pemanfaatan Media; Instagram; Poster; Perspektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 12 Jul 2021 11:00
Last Modified: 12 Jul 2021 11:00
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item