PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOTION GRAPHIC DALAM MENINGKATKAN MINAT MENDAFTAR CALON PESERTA DIDIK BARU

Nurmansyah, Muhamad Rendi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOTION GRAPHIC DALAM MENINGKATKAN MINAT MENDAFTAR CALON PESERTA DIDIK BARU. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Muhamad Rendi Nurmansyah, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2018, Pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic Dalam Meningkatkan Minat Mendaftar Calon Peserta Didik Baru (Kasus Pada PPDB SMK Amaliah 2 Ciawi – Bogor), Pembimbing I : Ike Atikah Ratnamulyani, S.Sos., MM., M.Si, Pembimbing II : Ali Alamsyah Kusumadinata, SP., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat minat calon peserta didik baru yang akan melanjutkan pendidikan ke SMK Amaliah 2 Ciawi – Bogor. Dilihat dari menurunnya jumlah siswa baru yang masuk, hal ini terjadi akibat kegiatan Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang masih menggunakan media lama seperti brosur dan spanduk dimasa perkembangan teknologi yang begitu pesat. Penggunaan motion graphic dapat mempermudah dalam penyampaian informasi PPDB agar mendapatkan respon yang positif dan meningkatkan jumlah calon peserta didik baru untuk masuk ke SMK Amaliah 2 Ciawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang pengaruh media motion graphic terhadap minat calon peserta didik baru. Seberapa besar motion graphic dapat mempengaruhi tingkat minat siswa SMP yang sedang memilih sekolah untuk melanjutkan pendidikan mereka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan asosiatif kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan media motion graphic terhadap minat calon peserta didik baru. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas 3 dari 10 SMP diwilayah ciawi. Pengambilan data menggunakan angket/keusioner sebagai alat pengumpulan data yang utama, ditambah dengan kegiatan observasi dan studi kepustakaan. Dalam hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan jumlah siswa yang masuk setelah penggunaan motion graphic sebagai media promosi. Walaupun belum dengan hasil yang maksimal, dapat disimpulkan bahwa motion graphic dapat digunakan sebagai medai promosi alternatif yang dapat membantu menyampaikan informasi sekolah secara lebih menarik. Pemilihan konten juga tetap harus diperhatikan agar informasi dapat tersampaikan dengan baik tanpa ada pesan yang menyimpang dari tujuan. Kata Kunci : Animasi, Motion Graphic, Minat, Promosi Program PPDB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:09
Last Modified: 27 Jul 2021 08:09
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item