STRATEGI PROMOSI MUMS PROJECT DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE DI INSTAGRAM

Putri, Maharani (2018) STRATEGI PROMOSI MUMS PROJECT DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE DI INSTAGRAM. Sarjana thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

MAHARANI PUTRI, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2018, Strategi Promosi Mums Project dalam Meningkatkan Brand Image di Instagram, Pembimbing I : Ike Atikah Ratnamulyani., S.Sos. MM.M.Si., Pembimbing II : Maria Fitria, S.Sos., M.Si. Pada jangka waktu 4 bulan terhitung dari bulan Oktober 2017 hingga bulan Januari 2018 setiap bulannya penjualan buku mengalami pasang surut. Jumlah dari keseluruhan penjualan buku selama 4 bulan terakhir yaitu 433 buku. Adapun persentase penjualan buku mencapai 25,86 % pada bulan Oktober 2017, 16,62 % pada bulan November 2017, 26,78 % pada bulan Desember 2017, dan 30,71 % pada bulan Januari 2018. Hal tersebut disebabkan oleh proses percetakan buku perusahaan Mums Project mengalami keterlambatan di setiap bulannya. Followers di instagram Mums Project perhitungan pada bulan Januari 2018 mencapai 6410 followers bahkan bertambah setiap harinya Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui periklanan dalam strategi promosi yang dilakukan Mums Project untuk meningkatkan brand image di instagram, untuk mengetahui promosi penjualan dalam strategi promosi yang dilakukan Mums Project untuk meningkatkan brand image di instagram, untuk mengetahui hubungan masyarakat atau publisitasdalam strategi promosi yang dilakukan Mums Project untuk meningkatkan brand image di instagram, untuk mengetahui penjualan personal dalam strategi promosi yang dilakukan Mums Project untuk meningkatkan brand image di instagram, dan untuk mengetahui brand image Mums Project di instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Artinya penelitian ini menggambaran mengenai strategi promosi yang digunakan oleh Mums Project dalam meningkatkan brand image di instagram. Hasil penelitian strategi promosi periklanan yang dilakukan Mums Project yaitu Media periklanan yang digunakan oleh Mums Project dilakukan melalui instagram, event-event seperti seminar, workshop, talk show, dan pameran yang diadakan oleh perusahaan lain. Mums Project juga melakukan kerja sama dengan public figure untuk di posting di instagram. Mums Project melakukan promosi penjualan menggunakan alat promosi untuk meningkatkan brand image di instagram menggunakan sample, kupon, penawaran pengembalian dana tunai (Rabat), premium (hadiah), kesepakatan pengurangan harga (discount), hadiah, percobaan gratis dan garansi produk. Hubungan masyarakat atau publisitas yang dilakukan oleh Mums Project yaitu merepost postingan para konsumen yang menandai akun instagram @mumsproject, bekerja sama dengan beberapa perusahaan-perusahaan percetakan, penerbit buku anak, dan para penulis buku anak di Indonesia. Memberikan sponsor event-event dari perusahaan lain, memberikan pelayanan kritik dan saran. Promosi personal yang dilakukan oleh Mums Project dalam meningkatkan brand image di instagram yaitu dengan cara menawarkan kepada orang tua sekolah anak, menawarkan kepada teman-teman keluarga dekat, memberikan hadiah kepada lingkungan sekitar Mums Project yang baru memiliki anak. Mums Project menggunakan media sosial seperti whatsapp dan line untuk pemesanan lebih lanjut mengenai buku Mums Project. Selain itu, media ini juga digunakan untuk proses pemesanan, sarana informasi mengenai manfaat serta kegunaan buku dengan memberikan catalog, memberikan video isi buku dan memberikan informasi promosi yang sedang diadakan oleh Mums Project di setiap bulannya. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah brand image di instagram Mums Project dinilai buruk. Karena lamanya proses produksi di Mums Project membuat banyak konsumen harus menunggu terlebih dahulu selama 30 hari. Selain itu, pada proses naik cetak kain buku mengalami masalah, maka hal tersebut juga mempengaruhi proses produksi buku. Saran perusahaan Mums Project sebaiknya lebih aktif dalam melakukan promosi penjualan. Seperti mengadakan secara rutin promosi potongan harga di setiap peringatan Hari Nasional dan memberikan harga paket ketiga buku Mums Project secara rutin disetiap bulannya. Perusahaan Mums Project sebaiknya lebih aktif dalam melakukan promosi personal. Seperti: mendirikan booth di setiap event dan melakukan secara face to face kepada konsumen, serta lebih aktif dalam melakukan penawaran secara mulut ke mulut, Perusahaan Mums Project sebaiknya lebih aktif dalam mengadakan event-event maupun special event secara internal maupun eksternal dengan perusahan percetakan buku anak dan instansi-instansi pendidikan di Kota Bogor, Perusahaan Mums Project sebaiknya tidak hanya melalui instagram dalam mengiklankan produknya tetapi juga menggunakan media lain seperti media cetak (Brosur, pamflet,baliho) dan media massa seperti (televisi, Radio, dan surat kabar). Selain itu, Mums Project juga dapat memanfaatkan situs online lain sebagai media pemasarannya seperti website maupun facebook dalam memasarkan buku di Mums Project. Kata Kunci : Produk, Promosi, Strategi Promosi, Brand Image, Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 02 Aug 2021 13:57
Last Modified: 02 Aug 2021 13:57
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item