ANALISIS KUALITAS PELAYANAN METROLOGI LEGAL PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH METROLOGI LEGAL DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA BOGOR

Rosadi, Rudy (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN METROLOGI LEGAL PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH METROLOGI LEGAL DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

RUDY ROSADI, Program Studi Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2020, Analisis Kualitas Pelayanan Metrologi Legal pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Pembimbing I : R Akhmad Munjin, Drs., M.Si., Pembimbing II : Muhammad YGG Seran, Drs., M.Si. Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya yang lebih sering di sebut dengan Alat UTTP merupakan alat yang sering dipergunakan dalam membantu aktifitas berdagang dalam membantu menentukan ukuran terhadap berat, isi, volume dan jarak barang atau jasa yang didagangkan. Penelitian ini lebih memfokuskan kepada alat Timbang yang dipergunakan oleh para pedagang yang menjalankan kegiatannya di Pasar Rakyat. Akurasi dan ketepatan Alat UTTP khususnya alat timbang dapat diatur dan diperdayai ukurannya. Sehingga harus ada pihak yang melakukan pengawasan, pembinaan serta pelayanan terhadap alat UTTP termasuk alat timbang yang dipergunakan untuk kegiatan berdagang agar tidak menimbulkan kerugian. Pihak yang memiliki kewenangan tersebut adalah unsur Pemerintah yang khusus memberikan pelayanan dalam bentuk Tera dan Tera Ulang alat UTTP yaitu Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Bagaimana kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor terhadap dimensi Tangibles (Bentuk Fisik), Emphaty (Empati), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan) dan Assurance (Jaminan). 2. Apa Hambatan yang dihadapi dalam peningkatan kualitas pelayanan Metrologi Legal pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, dan 3. Apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam peningkatan kualitas pelayanan Metrologi Legal pada Unit Pelaksana Teknis daerah Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Populasi dalam penelitian ini yaitu mengambil jumlah pemilik dan pengguna alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) terutama alat Timbang paling banyak dan paling sedikit yang terdapat di 2 (dua) Pasar Rakyat di Kota Bogor yaitu Pasar Baru Bogor dan Pasar Sukasari Bogor sebanyak 387 Orang dengan jumlah sampel 80 Orang. Teknik dalam pengambilan sample menggunakan Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling dan instrument penelitiannya menggunakan Observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada dimensi Tangibles (Bentuk Fisik) menunjukan hasil rata-rata 4,08 kategori baik, Emphaty (Empati) menunjukan hasil rata-rata 4,35 kategori sangat baik, Reliability (Kehandalan) menunjukan hasil rata-rata 4,25 kategori sangat baik, Responsiveness (Ketanggapan) menunjukan hasil rata-rata 4,24 kategori sangat baik dan Assurance (Jaminan) menunjukkan hasil rata-rata 4,24 kategori sangat baik. Kesimpulan secara keseluruhan tingkat kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor menunjukkan hasil yang Sangat Baik dengan nilai rata-rata 4,23 dari hasil ini perlu ada upaya meningkatkan kembali dalam memberikan pelayanan secara maksimal yang berkaitan dengan Metrologi Legal di Kota Bogor. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Metrologi Legal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:19
Last Modified: 05 Aug 2021 05:19
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item